Masjid Megah Ala Timur Tengah di Kepulauan Riau

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, memang ada masjid megah ala timur tengah di Kepulauan Riau? Hmm, tentu saja jawabannya ada. Masjid megah ala Timur Tengah tersebut bernama Masjid Agung Madani Islamic Center yang terletak di Kabupaten Rokan Hulu, Kepulauan Riau. Masjid Agung Madani Islamic Center sendiri digadang-gadang menjadi ikon baru di Kepulauan Riau. Kenapa? Ya, hal ini dikarenakan megahnya pembangunan masjid yang sangat mirip dengan arsitektur masjid yang ada di Timur Tengah. Ketika dicari melalui paket internet cepat dan murah pun, maka akan terpampang dengan jelas keindahan dan kemegahan yang terdapat di dalam maupun luar masjid.

Masjid Agung Madani Islamic Center, Riau

Pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center

Pembangunan Masjid Agung Madani Islamic Center digagas oleh seorang Bupati Rokan Hulu, Drs. Achmad, M.Si. Pembangunannya dimulai sekitar tahun 2008, dan baru rampung pembangunannya sekitar tahun 2010. Masjid Agung Madani Islamic Center dibangun diatas lahan seluas 22 hektar dengan luas bangunan 15.800 meter. Saat pembangunannya menghabiskan uang sebanyak 400 milyar. Pengelolaan masjidnya sendiri sepenuhnya diurus oleh Ir. Damri yang juga menjabat sebagai sekretaris Rokan Hulu.

Arsitektur Masjid Agung Madani Islamic Center

Arsitektur masjid dibangun dengan gaya ala masjid di Timur Tengah yang dilengkapi dengan kubah berwarna hijau di atapnya. Setiap sudut masjid dilengkapi dengan menara yang menjulang tinggi dengan tinggi 66.66 meter. Dan juga, ditambah dengan satu menara utama yang bisa dinaiki oleh para pengunjung yang mau melihat kemegahan masjid sekaligus melihat indahnya Rokan Hulu. Interior yang terdapat di dalam masjid dihiasi dengan kaligrafi arab yang super indah, dan kemewahan masjid terletak pada interior keemasan yang dimilikinya.

Aktivitas di Masjid Agung Madani Islamic Center

Aktivitas yang ada di Masjid Agung Madani Islamic Center sama dengan masjid pada umumnya, dimana melaksanakan sholat berjamaah setiap lima waktu dan juga sholat jum’at. Kegiatan lainnya, setiap kamis malam jumat selalu diadakan ceramah agama oleh ustadz yang sudah ditetapkan oleh panitia masjid. Dan juga, adanya buka puasa bersama yang diselenggarakan setiap kamis dan jumat.

Masjid Terbaik Indonesia Tahun 2015

Masjid Agung Madani Islamic Center ditetapkan sebagai masjid terbaik Indonesia tahun 2015 oleh kementerian agama Indonesia. Masjid Agung Madani Islamic Center juga dijadikan sebagai masjid percontohan di tingkat nasional. Dulunya, kementerian agama memberikan hadiah berupa vacuum cleaner ke pada masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE