Material Pagar Untuk Percantik Tampilan Eksterior Rumah

pagar rumahPenampilan eksterior rumah merupakan salah satu poin utama untuk memperindah hunian Anda. Sebagai bagian depan rumah yang akan mencuri perhatian seseorang secara langsung, tentunya mempercantik eksterior adalah hal yang penting untuk dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat bagian depan rumah menjadi menarik, salah satunya adalah dengan menggunakan pagar yang sesuai dengan tema arsitektur bangunan secara keseluruhan. Terdapat banyak sekali material yang bisa Anda pilih untuk memagari hunian Anda, mulai dari kayu, batu, besi, bata, atau bahkan beton. Namun demikian, patut dicatat pula bahwa berbeda materialnya maka berbeda pula harganya. Misalnya saja harga pagar panel beton dengan harga material batuan alam tentunya akan berbeda. Untuk itu, sebelum memilih material pagar yang sesuai ada baiknya Anda mengenali semua material agar bisa menjatuhkan pilihan yang terbaik.

  • Kayu. Kayu dapat menambah poin eksterior rumah Anda dengan penampilannya yang sederhana dan berkesan hangat. Ditambah lagi, pagar bermaterial kayu memiliki desain yang cukup beragam dan menarik. Hanya saja, untuk mempertahankan penampilannya, Anda harus melakukan perawatan ekstra pada pagar bermaterial kayu, seperti melakukan pengecatan secara berkala atau melakukan coating. Hal ini semata-mata dilakukan agar kayu terhindar dari rayap dan kelapukan.
  • Batu. Arsitektur rumah yang mengambil tema natural dan alami sedang meningkat pamornya di tengah masyarakat luas. Nah, jika Anda ingin mengikuti tren ini, maka material pagar yang cocok untuk dipilih adalah batu. Batu-batuan, terutama yang tidak terlalu berpori, memberikan keuntungan dari segi arsitektur karena dapat menimbulkan kesan alami secara singkat. Biasanya variasi material pagar berbahan batu didapatkan dengan cara menumpuk batuan hingga membentuk pagar ataupun dengan menggunakan batu tempel. Hanya saja, kelemahan dari penggunaan material batu adalah permukaannya mudah lembap dan ditumbuhi lumut.
  • Besi. Material besi merupakan material yang sering digunakan untuk membuat pagar dalam sebuah hunian. Besi banyak dipilih karena bentuknya bisa disesuaikan untuk setiap model rumah. Jenis teralisnya pun beraneka ragam mulai dari teralis vertikal, horizontal, bahkan melengkung. Namun demikian, ketahanan besi perlu dipertanyakan. Besi memerlukan perawatan yang ekstra karena akan mudah berkarat.
  • Bata. Ingin mendapatkan kesan tradisional dan minimalis untuk hunian Anda? Gunakan material bata untuk memagari rumah. Material bata banyak dipakai di daerah Eropa untuk melapisi dinding bangunan dan membuat pagarnya. Bata dipilih karena terkesan sederhana dan juga hangat. Akan tetapi, Anda tidak bisa sembarang menggunakan material bata karena tidak semua bata bisa digunakan untuk membangun pagar. Pilih bata yang teksturnya lebih padat sehingga tidak mudah hancur ketika terus menerus terpapar sinar matahari dan tersiram hujan.
  • Beton. Di antara semua jenis material pagar, beton merupakan mateial yang cukup memakan biaya. Harganya lumayan mahal namun sebanding dengan daya tahannya. Beton merupakan material yang cocok untuk digunakan jika Anda menginginkan kesan kuat dan kokoh untuk tampilan eksterior rumah Anda. Keuntungan lain dari menggunakan material beton adalah tahan lama dan tidak lapuk dimakan usia. Selain itu, pagar beton memiliki dua jenis tampilan yang bisa dipillih sesuai dengan selera, yakni pagar panel beton dekoratif dan pagar panel beton polos.

Nah, di antara berbagai jenis material pagar yang sudah dipaparkan di atas, mana yang merupakan favorit Anda? (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE