Membanggakan, Batik Benar-Benar Disukai Orang Luar Negeri

Batik menjadi kerajinan khas Indonesia yang mendapatkan tempat di hati orang luar negeri. Ini bukan hanya bersifat seremonial saja lho. Banyak yang menganggap hanya orang yang di endorse saja yang mau terlihat di media besar dengan memakai batik. Mereka tidak memiliki keinginan sendiri untuk memakai batik.

Bisa saja ada yang berargumen seperti itu mengingat artis seperti Jessica Alba, Tiffany, bahkan Tom Cruise pernah tertangkap kamera memakai batik. Namun, karena foto-foto tersebut didapatkan pada waktu acara resmi tertentu seperti saat ada acara Fashion Show, muncullah anggapan jika itu hanya endorse.

Namun, ada fakta lain yang tidak bisa dibantah bahwasanya batik benar-benar memikat hati orang-orang luar negeri. Setiap tahunnya, ada saja kolektor batik dari luar negeri yang datang ke Indonesia. Mereka datang hanya untuk satu tujuan, yaitu mencari kain batik asli buatan Indonesia. Tentu saja bukan batik cetak atau batik print. Mereka mencari batik yang ditulis di atas kain asli khas Indonesia. Bahkan cara perawatan seperti mencuci kain batik pun itu khas dan menggunakan ramuan-ramuan tradisional.

Batik

Gambar : iStock

Selain itu, tidak sedikit juga para desainer kondang dari luar negeri menunggu karya para pembuat batik Indonesia. Mereka akan membuat desain baju yang memadu-padankan antara kain motif batik sehingga tampilan jadi lebih modis dan terlihat modern. Ini juga dikonfirmasi oleh pemerintah di mana penjualan batik ke luar negeri kini menyumbang devisi negara yang luar biasa. Amerika Serikat menjadi negara yang paling banyak mengimpor kain batik.

Data menunjukkan, nilai ekspor batik ke luar negeri pada tahun 2015 saja sudah mencapai RP 2,1 triliuan. Hal ini disebabkan kain batik ternyata di luar negeri tidak hanya digunakan untuk pakaian. Banyak juga desainer yang menggunakan kain batik untuk kerajinan rumah tangga. Ini menjadi bukti banyak orang luar yang memang bangga dengan kain batik.

Jadi, terlihatnya artis papan atas luar negeri dengan memakai batik hanya menjadi satu bukti saja bahwa batik diterima di luar negeri. Dari informasi tersebut di atas, semakin jelas kan jika batik merupakan kerajinan khas Indonesia yang kini mendunia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE