Membeli Motor Bekas Bisa Lebih Menguntungkan Loh

Kredit Motor BekasPenjualan motor baru saat ini bisa dikatakan meningkat dengan tajam. Selain faktor kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi, mudahnya mengajukan kredit untuk pembelian motor baru ini juga menjadi penyebabnya. Apalagi, konsumen bebas memilih besaran angsuran sepeda motor baru yang kira-kira paling sesuai dengan kemampuannya. Hal ini, secara tidak langsung berdampak pada semakin sulitnya seseorang yang ingin menjual sepeda motor bekasnya. Pada umumnya, mereka berpikir untuk apa membeli sepeda motor bekas jika membeli yang baru saja mereka mampu.

Sebenarnya hal ini bukan masalah. Hanya saja, banyak juga orang yang pada akhirnya memaksakan diri melebihi kemampuannya untuk membeli motor baru, karena merasa gengsi jika membeli motor yang bekas. Padahal, tahu nggak sih kalau ternyata membeli motor bekas justru bisa jauh lebih menguntungkan dari motor baru. Tahu kenapa? Nah, berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Harga lebih murah

Dari segi harga, jelas motor bekas akan lebih murah daripada motor baru. Nah, supaya kamu tidak mendapatkan kualitas yang kurang baik, lebih baik kalau kamu mencari motor dengan tahun produksi yang belum terlalu tua. Akan tetapi, berhati-hati saat kamu mencarinya, sebab ini bisa membuat kamu terjebak. Pada umumnya, ada 3 alasan mengapa seseorang menjual motornya yang belum terlalu tua, pertama karena bosan, kedua karena butuh uang, dan ketiga karena bermasalah.

Untuk alasan pertama ini, biasanya hanya dilakukan oleh orang dengan keuangan berlebih. Jadi, cenderung sulit untuk melakukan negosiasi untuk menurunkan harga. Berbeda dengan alasan kedua, yang cenderung akan lebih mudah melakukan negosiasi.  Sementara, untuk alasan yang ketiga inilah yang paling berbahaya.

Motor bermasalah ini bisa disebabkan karena pernah terlibat kecelakaan, modifikasi yang salah, atau hal lainnya. Intinya, motor yang bermasalah ini akan membuatmu rugi karena harus mengeluarkan uang untuk biaya perbaikannya. Kecuali, jika kamu sudah diberitahukan semua masalah pada motor dan kamu siap menanggung risikonya, maka hal ini tidak menjadi masalah.

  • Modifikasi

Modifikasi apapun yang sudah dilakukan pada motor, tidak selalu bisa menaikkan harga. Tahu kenapa? Sebab tidak semua modifikasi ini dianggap berharga oleh pembeli. Misalnya saja modifikasi ini tidak sesuai dengan selera kamu, maka tentunya tidak akan memberi tambahan nilai. Bahkan, ketika modifikasi pada motor sebenarnya sesuai dengan selera kamupun, tetap tidak mampu menaikkan harga.

Caranya, kamu bisa berpura-pura tidak tertarik dengan modifikasi tersebut. Anggap saja kamu tidak masalah jika seluruh modifikasi dilepas dan motor kembali dalam kondisi standar. Biasanya, penjual akan berpikir ulang untuk melakukannya, sebab belum tentu aksesoris yang telah terpasang bisa digunakan untuk motor lainnya.

Bagaimana, membeli motor bekas tidak selalu merugikan bukan? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE