Membersihkan Rumah Setelah Mudik

Ketika kembali ke rumah selepas mudik lebaran, satu hal yang paling terlihat adalah keadaan rumah Anda. Secara fisik, rumah Anda mungkin akan terlihat sama saja, tidak ada yang berubah meski sudah ditinggal selama satu minggu penuh. Namun, jika Anda perhatikan dengan lebih jeli, sebetulnya rumah Anda tidaklah sama ketika Anda meninggalkannya. Ada bekas-bekas daun kering yang menumpuk di halaman, lantai yang terlihat lebih kusam, dan juga meja ruang tamu yang tertutupi debu. Ya, mengingat sudah satu minggu lamanya rumah Anda tidak ditinggali, pastinya ada beberapa hal yang berubah, bukan?

Tips Bersihkan Rumah Setelah Mudik

Nah, agar Anda tidak kaget begitu kembali ke rumah selesai mudik, ada beberapa tips untuk membersihkan rumah yang bisa Anda ikuti. Di antaranya adalah:

  1. Mulailah dari luar. Sebelum membersihkan bagian dalam rumah, ada baiknya Anda mulai membersihkannya dari luar, terutama untuk bagian halaman, beranda, dan juga garasi. Sapulah daun-daun kering yang sudah menumpuk, bersihkan lantai di beranda, dan siramilah tanaman-tanaman hias Anda yang mulai layu.
  2. Setelah bagian luar sudah dibersihkan, kini saatnya Anda membersihkan bagian dalam rumah. Pertama-tama, sapulah lantai di semua ruangan. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membantu membersihkan ruangan karena vacuum cleaner bekerja lebih cepat dan juga efisien dibandingkan dengan sapu. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.
  3. Pel lantai. Sesudah disapu, hal yang berikutnya harus Anda lakukan adalah mengepelnya. Mengepel lantai akan memberikan sensasi dingin dan juga sejuk pada ruangan. Agar rumah terasa lebih nyaman ditinggali, cobalah untuk memberikan beberapa tetes pengharum lantai ketika mengepelnya.
  4. Bersihkan meja ruang tamu dan permukaan furnitur. Jika dilihat secara lebih dekat, Anda mungkin akan menyadari bahwa di setiap permukaan furnitur Anda ada selaput debu tipis yang menempel di atasnya. Untuk membersihkan debu-debu ini, Anda bisa menggunakan kemoceng untuk menghalau debu lalu mengelapnya dengan lap basah.
  5. Pasang aromaterapi. Setelah hal-hal di atas sudah Anda lakukan, Anda bisa memasang aromaterapi dengan wewangian kesukaan Anda untuk memberikan kesan nyaman dan juga tenang di rumah. Dengan begitu, Anda bisa beristirahat denang tenang setelah pulang dari kampung halaman.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga membantu, ya! (TR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE