Membuat LED TV Menjadi Awet

Perkembangan dunia televisi sangatlah cepat. Dimulai dengan televisi hitam putih dengan tabung besar hingga LED TV dengan ukurannya yang tipis. LED TV bekerja menggunakan Liquid Crystal Display dan menggunakan sistem backlight Light Emiting Dioda.
Penggunaan LED TV dapat digunakan dengan jangka waktu yang lama / awet, selama mengetahui beberapa cara membuat LED TV menjadi awet. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan.

LED TV

  • Matikan TV saat tidak ditonton

Tips ini memang biasa, tapi masih banyak orang yang tidak melakukannya. Masih banyak orang yang tetap menyalakan TV disaat mereka tidak menontonnya, dengan alasan agar tidak sepi. LED TV memiliki kemampuan hidup kurang lebih 60.000 jam. Dengan mematikan TV dapat menghemat umur hidup dari LED TV selain itu dapat menghemat listrik.

  • Sesuaikan Kecerahan / Brightness

Setiap televisi memiliki setingan kecerahan yang berbeda – beda yang disesuaikan dengan pencahayaan diruangan tempat televisi berada. Sesuaikan tingkat kecerahan televisi, tempat / ruangan membeli TV dengan ruangan memiliki perbedaan tingkat pencahayaan. Dengan tingkat pencerahan yang terlalu tinggi akan membuat tv bekerja lebih keras sehingga dapat mengurangi masa hidupnya.

  • Gunakan Penstabil Listrik / Stabilizer

Tidak ada yang mengetahui bagaimana kondisi listrik dirumah. Terkadang terjadi lonjakan listrik yang dapat menyebabkan kerusakan pada televisi dan peralatan elektronik lainnya seperti Mesin Cuci Front Loading. Dengan banyaknya alat elektronik dirumah dapat menyebabkan perubahan tegangan listrik, terutama pada saat mulai menyalakannya.

  • Sirkulasi Udara Baik

LED TV menggunakan lumayan banyak energi listrik, sehingga menghasilkan banyak panas. Perlunya sirkulasi udara sangat penting untuk dapat mengalirkan panas. Perlu diperhatikan untuk pemasangan LED TV pada tembok, untuk memberikan jarak bebas dari tembok untuk sirkulasi udara. LED TV tidak dapat bertahan lama pada kondisi suhu yang panas sehingga dapat mempersingkat umur penggunaannya.

One thought on “Membuat LED TV Menjadi Awet

  1. Pingback: Air Conditioner - DGspeak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE