Membuat Rak Sepatu dari Pipa PVC, Yuks!

Bingung menyimpan berbagai macam sepatu yang sudah mulai menumpuk di rumah? Tenang, kamu tidak usah khawatir, sebab ada cara jitu yang bisa kamu lakukan. Bagaimana caranya? Kamu tinggal membuat rak sepatu yang terbuat dari pipa PVC. Selain harganya yang murah, mendesain rak sepatu dari pipa PVC ini pun sangatlah mudah dan tidak membuang banyak waktu. Dan yang paling menariknya, saat pembuatan rak sepatu ini, kamu pun tidak memerlukan yang namanya mengetahui beberapa cara membengkokkan pipa, karena pipa tidak perlu dibengkokkan cukup hanya dipotong saja.

Rak Sepatu dari Pipa PVC

Lalu, seperti apakah cara membuat rak sepatu yang terbuat dari pipa PVC ini? Mari, langsung disimak ulasannya di bawah ini, check it out:

  • Menyiapkan pipa PVC. Pertama, yang harus kamu siapkan sebelum membuat rak sepatu dari pipa PVC ini adalah menyiapkan pipa yang dibeli melalui toko bangunan. Akan tetapi, saat membeli pipa, pilihlah pipa yang berukuran besar dengan diameter sekitar 15 sampai dengan 17 cm. Jika tidak ingin menggunakan pipa PVC, kamu juga bisa menggunakan jenis pipa untuk instalasi air panas. Sebab biasanya jenis pipa ini lebih tahan panas jadui akan lebih awet.
  • Memotong pipa. Setelah pipa sudah siapkan, selanjutnya kamu tinggal memotong pipa yang sudah ditentukan diameternya sepanjang 35 cm. Banyaknya pipa yang dipotong, tergantung seberapa banyak jumlah rak sepatu yang akan dibuat. Misalkan saja, jika kamu memiliki banyak sepatu, buatlah potongan pipa sebanyak 15 sampai dengan 20 potongan.
  • Menempel pipa. Apabila sudah memotong pipa menjadi beberapa bagian, berikutnya yang harus kamu lakukan ialah menempelkan setiap potongan pipa dengan lem khusus pipa. Namun, untuk bentukan rak sepatu yang kamu buat, bisa berbentuk piramida ataupun sesuai dengan keinginan sendiri. Seperti misalnya, menyusun bagian bawah dengan empat potongan pipa, bagian atas sekitar enam atau lima potongan, begitu seterusnya sampai membentuk piramida. Dan supaya pipa saling merekat, ikatkan pula tali yang biasa digunakan untuk jemuran di bagian luar pipa.
  • Merekatkan pipa ke bagian lantai maupun dinding rumah. Supaya rak sepatu yang dibuat tidak jatuh, maka kamu bisa merekatkan rak sepatu ini ke bagian dasar lantai pipa dengan lem perekat. Dan jika masih belum kokoh, rekatkan pipa ke bagian dinding rumah menggunakan lem khusus.
  • Dan, rak sepatu yang terbuat dari pipa PVC pun bisa kamu gunakan untuk meletakkan sepatu. Jika semua bagian sudah kamu kerjakan, rak sepatu dari pipa PVC bisa pakai untuk meletakkan berbagai jenis sepatu.

Bagaimana? Mudah sekali bukan membuat rak sepatu dari pipa PVC ini? Selamat mencoba! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE