Membuat Tangga dari Beton

Beton adalah salah satu jenis material yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini, khususnya untuk pembuatan pagar. Lihat saja, semakin banyak usaha yang menawarkan jasa jual pagar beton precast untuk keperluan rumahan maupun dalam skala yang lebih besar. Selain pembuatan pagar, beton juga mulai dimanfaatkan untuk penggunaan yang lebih luas lagi, salah satunya yaitu pembuatan tangga rumah.

Tangga BetonSemakin terbatasnya jumlah lahan yang ada membuat masyarakat lebih senang membangun rumahnya dalam bentuk bertingkat untuk membuatnya semakin luas. Artinya, tangga menjadi hal yang harus ada sebagai penghubung antar tingkatan. Saat pembuatan tangga inilah, mulai banyak yang melirik beton sebagai bahan dasar pembuatannya.

Strukturnya yang kokoh dan awet membuatnya menjadi pilihan utama para pemilik rumah. Apalagi saat ini kita bisa mengkreasikan beton sesuai dengan selera kita. Artinya, meskipun kita menggunakan beton sebagai bahan dasar pembuatan tangga, bukan berarti kita tidak bisa membuatnya tampak indah dan menarik.

Namun tentunya, beton untuk pembuatan tangga ini akan berbeda dengan beton yang digunakan untuk keperluan pembuatan jalan raya, pagar, atau bentuk lainnya.

Perbedaannya, biasanya terletak pada takaran yang dibutuhkan. Usahakan agar tidak terlalu menggunakan terlalu banyak semen pada campurannya, karena akan membuat tangga menjadi mudah retak. Begitu juga dengan krikil, jika penggunaannya terlalu banyak akan membuat tangga menjadi mudah retak.

Pada pembuatan tangga beton ini, selain memperhatikan takaran campuran, Anda juga harus benar-benar memperhatikan konstruksi dari tangga ini. Dari mulai ukuran besi yang digunakan, tingkat kemiringan, dan sambungan besi yang satu dengan besi lainnya. Hal ini sangat penting, karena sangat berpengaruh pada kekuatan tangga dan usia tangga. Pastinya Anda tidak mau kan, jika tangga yang belum lama jadi tidak-tiba mengalami kerusakan karena kesalahan dalam pembuatannya. Apalagi, jika kerusakan ini cenderung membahayakan.

Setelah tangga jadi, biasanya akan diperlukan waktu sekitar 28 hari atau 1 bulan untuk proses pengeringan beton, hingga tangga benar-benar siap digunakan. Pastikan untuk membiarkan tangga dan jangan gunakan selama proses ini masih berlangsung. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE