Memenuhi Kebutuhan Informasi

Dapatkan Informasi Dengan InternetPada zaman informasi seperti ini, kecepatan laju informasi sangatlah penting, namun nyatanya tidak semua Negara di Dunia memiliki kecepatan koneksi Internet yang memadai. Dalam hal ini, Indonesia termasuk dalam Negara yang masih dalam proses berkembang. Kecepatan rata-rata internet Indonesia pada saat ini berada pada angka 2.4 Mbps (disunting dari situs Akamai.com), angka tersebut masih berada di bawah angka kecepatan rata-rata koneksi internet Global yaitu 5.1 Mbps. Indonesia termasuk salah satu Negara berkembang di Asia yang memiliki kecepatan koneksi internet terendah, berada di posisi yang tidak jauh dari India yang memiliki kecepatan rata-rata yang sama. Kecepatan koneksi untuk perangkat mobile seperti handphone di Indonesia juga merupakan salah satu yang terlambat dengan kecepatan rata-rata 1.7 Mbps.

Pada semester pertama 2015, angka kecepatan rata-rata Internet Indonesia berada dalam angka 1.9 Mbps. Dari sini terlihat bahwa terdapat kenaikan pada kecepatan rata-rata Internet Indonesia dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Tapi kenaikan tersebut tidak dapat dianggap signifikan, karena angka rata-rata kenaikan kecepatan internet global masih berada diatas 1 Mbps, sementara Indonesia hanya mendapatkan kenaikan 500 Kbps (disunting dari situs Akamai.com). Ditambah lagi, terdapat penurunan 24% dari kecepatan rata-rata koneksi internet Indonesia tahun 2014 ke tahun 2015.

Mengapa begitu? Padahal Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki pengguna Internet terbanyak. Indonesia memiliki lebih dari 39 juta pengguna internet, berada di posisi ke-15 negara dengan pengguna internet terbanyak, sementara di posisi teratas ada China dengan 668 juta pengguna internet. Namun meski demikian, angka tersebut hanya menutup sekitar 15% jumlah penduduk Indonesia, dengan kata lain, 80% lebih penduduk Indonesia tidak memiliki akses ke internet, angka yang cukup memprihatinkan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, sekarang pemerintah yang dibantu oleh perusahaan-perusahaan swasta telah melakukan beberapa hal untuk membantu meningkatkan kecepatan koneksi Indonesia sehingga para pengguna bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan informasi secara up to date. Pemerintah melonggarkan regulasi instalasi infrastruktur perusahaan jaringan, dan perusahaan jaringan melakukan perannya dengan meningkatkan kualitas layanan mereka, memperbanyak dan memperbaharui infrastruktur, dan mempercepat koneksi pada umumnya. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE