Memilih Alat Musik yang Tepat

Gitar AkustikMelihat banyaknya artis musik baik dalam negeri maupun mancanegara yang memainkan jenis alat musik tertentu, kadang membuat kita tiba-tiba tertarik menguasai alat musik tersebut. Bahkan bagia sebagian orang, mereka tidak akan ragu untuk segera meluncur ke toko alat musik terdekat dan membeli alat musik tersebut. Sayangnya, karena keinginan kita ini hanyalan sebuah keinginan spontan dan tidak cukup kuat untuk membuat kita berlatih, akhirnya alat musik ini hanya berada di sudut rumah dan dibiarkan begitu saja hingga mungkin berdebu. Hal ini tentunya akan menjadi sia-sia, apalagi mengingat harga alat musik yang tidaklah murah.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk memilih alat musik yang tepat untuk kita.

  • Pilihlah alat musik sesuai genre yang disukai. Misalnya, jika kita menyukai musik rock, akan kurang sesuai jika kita memilih biola. Gitar atau drum mungkin menjadi pilihan yang tepat. Pilihlah alat musik yang sesuai dengan genre musik yang akan kita tekuni. Walaupun begitu, beberapa alat musik seperti gitar cocok dimainkan dengan berbagai genre, sedangkan alat musik lain seperti sitar dan harpa memiliki genre yang lebih terbatas.
  • Pilihlah alat musik yang sesuai kebiasaan bermain kita. Jika kita sering bermusik bersama teman-teman di kafe, maka gitar dapat menjadi pilihan yang tepat. Jika kita sering bermusik di rumah sendirian, belilah piano.
  • Karena alat musik bukan barang murah, maka buatlah budget untuk alat musik yang akan dibeli.
  • Perhatikanlah juga lingkungan di mana kita akan berlatih musik. Jika kita tinggal di apartemen, alat musik yang sangat berisik seperti gitar listrik dan bagpipes mungkin bukan pilihan yang tepat.
  • Jika ingin belajar alat musik dengan guru, pertimbangkanlah juga keberadaan guru musik di daerah tempat tinggal. Guru gitar mungkin sangat banyak, tetapi guru accordion atau harmonika mungkin lebih jarang.
  • Pertimbangkan juga apakah kita ingin bermusik secara solo atau dalam Gitar dan piano biasanya sangat populer dalam bermusik solo, karena kita bisa dengan mudah bernyanyi sambil memainkan alat musik, sementara band memiliki lebih banyak pilihan seperti bass dan drum di samping gitar dan piano.

Seperti halnya berlatih apapun, bermusik membutuhkan niat dan kemauan untuk belajar agar kita bisa memainkan alat musik seperti artis-artis musik idola kita. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE