Memilih Ruang Kantor yang Sesuai Untuk StartUp

ruang kerjaBisnis yang sudah lama dirintis biasanya sudah memiliki keuangan yang cukup stabil. Sehingga mereka bisa memiliki ruang kantor lebih dari satu. Atau bahkan, memiliki cabang dimana-mana. Namun, untuk startup kondisinya sangat berbeda. Bahkan untuk menyewa serviced office Sudirman saja terkadang masih terlalu berat dari segi keuangan.

Wajar saja, karena bisnis yang masih dalam status startup artinya masih baru berdiri dan sedang berusaha menjajaki pasar. Dan pada masa ini, jelas kondisi keuangan masih belum stabil. Bahkan, seringkali biaya yang harus dibayarkan oleh perusahaan lebih tinggi daripada pendapatan yang diterimanya. Itulah sebabnya, menyewa ruang kantor di area Sudirman yang merupakan area perkantoran, pastilah sangat memberatkan keuangan perusahaan. Bagi yang ingin benar-benar terjun dalam bisnis ini dan belum memiliki modal, coba kembangkan bisnis startup anda di kota london atau Singapura dimana mereka memiliki program bantuan dana khusus untuk bisnis startup.

Untuk Anda yang saat ini memiliki bisnis dalam status tersebut, sebenarnya tidak perlu bingung. Sebab, Anda tetap bisa memiliki ruang kantor untuk bisnis Anda. Namun, agar Anda tidak salah memilih, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapsa hal berikut saat memilih ruang kantor untuk startup:

Jumlah karyawan

Berapakah jumlah karyawan Anda saat ini? Terkadang, sebuah startup hanya memiliki sedikit karyawan pada awal perintisannya. Bahkan terkadang hanya ada satu atau tiga orang. Jika jumlah karyawan Anda masih sangat sedikit, ada baiknya jika Anda menggunakan jasa coworking space, yaitu sebuah konsep ruang kerja bersama. Artinya, di dalam sebuah ruang kerja, akan ada banyak perusahaan lain atau freelance yang hanya membutuhkan ruang kerja. Namun, jika jumlah karyawan Anda lebih dari 5 dan Anda membutuhkan privasi, menyewa serviced office akan lebih baik. Dan Anda bisa menyewa sebuah ruang kantor sungguhan jika jumlah karyawan Anda sudah lebih banyak, serta kondisi keuangan perusahaan Anda sudah stabil.

Lokasi

Lokasi ruang kantor Anda sangatlah penting, karena lokasi yang tepat dapat lebih meyakinkan investor untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Tidak hanya itu, konsumen atau target pasar Anda juga akan lebih percaya jika alamat Anda berada di area yang memiliki penilaian bagus. Namun, semakin strategis lokasi, maka harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Jadi, Anda bisa menyewa atau membeli sebuah ruang kantor untuk aktivitas usaha Anda, dan menyewa virtual office agar mendapatkan alamat di lokasi yang strategis.

Fasilitas

Ruang kantor yang baik tentu harus bisa menyediakan fasilitas pendukung untuk kesuksesan bisnis. Memang, semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, maka akan semakin mahal pula harganya. Oleh sebab itu, Anda bisa mencari ruang kerja yang memiliki fasilitas utama yang paling Anda butuhkan untuk menunjang bisnis Anda.

Meskipun terlihat sederhana, tetapi lokasi dan suasana tempat kerja sangat berkaitan erat dengan kesuksesan bisnis. Jadi, pastikan untuk menyewa atau membeli tempat kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastinya keuangan perusahaan Anda. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE