Memilih Shampo yang Tepat Untuk Bayi

Perawatan BayiAda banyak sekali hal yang harus dilakukan saat melakukan perawatan bayi, dan semua perawatan ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini tidak terlepas dari kondisi bayi yang masih sangat sensitif dan rentan. Karena itulah, orangtua tidak bisa sembarangan memilih berbagai produk yang akan digunakan oleh bayi. Dimulai dari pemilihan baju, popok bayi, hingga berbagai kebutuhan lainnya. Apalagi, jika produk ini mengandung berbagai bahan kimia. Pemilihan produk yang salah akan dapat membahayakan kesehatan bayi.

Salah satu produk yang harus sangat diperhatikan yaitu pemilihhan shampo untuk bayi. Meskipun belum beraktivitas secara aktif, namun bayi juga perlu untuk di keramasi secara rutin. SAma seperti pada orang dewasa, bayi juga membutuhkan shampo untuk keramas. Namun, pemilihan shampo ini harus benar-benar diperhatikan. Khususnya, jika bayi memiliki kulit yang cukup sensitif dan mudah iritasi. Berikut ini adalah beberapa tips memilih shampo bayi yang tepat agar aman bagi kesehatan bayi:

  • Tidak mengandung alkohol

Shampo yang mengandung alkohol biasanya bersifat cukup keras, sehingga beresiko menyebabkan kulit bayi menjadi iritasi. Sebaiknya, gunakan shampo yang tidak mengandung alkohol dan juga bebas sabun. Saat ini, sudah cukup banyak brand yang memproduksi shampo bayi dari bahan-bahan alami. Dengan menggunakan shampo berbahan alami ini, selain mengamankan kulit bayi dari bahaya iritasi, juga akan lebih ramah lingkungan bila dibandingkan dengan menggunakan shampo dengan bahan kimia.

  • Tidak mengandung pewangi

Pada bayi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan shampo yang mengandung pewangi. Karena, ada beberapa jenis zat pewangi yang meningkatkan kemungkinan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

  • Tidak pedih dimata

Meskipun orangtua sudah sangat berhati-hati saat memandikan bayi, namun tetap saja ada kemungkinan air shampo menetes ke dekat mata atau mulut. Karena itulah, lebih baik menggunakan shampo yang aman jika menetes pada mata (secara tidak sengaja).

Meskipun menggunakan shampo yang aman, namun jangan terlalu sering mengeramasi rambut bayi. Sebaiknya, keramasi bayi secara teratur satu kali selama satu minggu (tergantung kondisi dan cuaca). (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE