Menasihati Si Kecil, Ini Dia 3 Tipsnya

menasehati anakSetiap orang tidak pernah luput dari kesalahan, termasuk si kecil sekalipun. Tidak jarang bila terkadang si kecil berperilaku nakal yang pastinya mendorong Anda sebagai orang tua untuk menegurnya. Tidak hanya berperilaku nakal ke orang tua saja yang dapat membuat kepala pusing, namun perilakunya yang nakal kepada teman sebayanya pada saat bermain di tempat bermain anak di Jakarta juga harus ditegur. Meskipun begitu, memarahinya secara langsung di depan umum bukanlah cara yang efektif untuk menghentikannya dari kelakuannya yang tidak menyenangkan, bahkan berisiko membuatnya menjadi lebih berontak. Namun, teguran dan nasihat dengan cara yang benar dapat menjadi salah satu cara untuk mengarahkan perilaku anak supaya menjadi lebih baik jika dibarengi dengan komunikasi yang efektif. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memberikan teguran kepada anak.

Jangan lakukan di tempat umum

Terkadang orang tua lupa untuk memikirkan mental anak saat memarahinya di depan umum apalagi di depan teman-temannya. Bukannya menjadi tenang dan memperbaiki suasana, anak yang dimarahi di depa umum akan menangis lebih histeris. Ketika si kecil melakukan kesalahan, ajaklah dia ke tempat yang sepi dan jauh dari orang lain untuk menasihatinya. Gunakanlah bahasa yang baik dan tidak berkesan menyalahkan sepenuhnya ke si kecil.

Ambil waktu time out

Kelakuan anak yang terkadang membuat orang tua pusing kepala pastinya dapat memicu amarah. Jika Anda sedang merasa emosi pada si kecil, sangat disarankan bagi Anda untuk mengambil waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu sebelum menghampirinya dan menasihatinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kata-kata yang tidak berkenan di hati si kecil hanya karena emosi orang tua yang sedang menggebu-gebu.

Ajak anak berdiskusi

Ajaklah anak berdiskusi tentang hal-hal yang dilakukannya. Ketika berdiskusi, nasihatilah si kecil dan juga temukanlah solusi yang baik. Dengan berdiskusi, Anda akan dapat mengetahui dan memahami sudut pandang si kecil. Jangan lupa juga untuk memberitahunya bahwa perbuatan yang dilakukannya tidaklah terpuji dengan cara yang baik dan tidak kasar sehingga tidak melukai perasaan si kecil.

Itu dia beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan saat menasihati si kecil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE