Mengajar Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Menyenangkan

bahasa inggris untuk SMPSebagai guru, tentu akan menghadapi situasi yang beragam ketika berurusan dengan anak didik. Guru bahasa Inggris untuk SMP atau SMA juga pasti akan mengalami hal yang sama. Anak SMP yang biasanya masih dalam masa transisi dari sekolah dasar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi seringkali mengalami masa ‘labil’, dan merasa tahu segalanya, yang mungkin dapat menjadi hal yang menyulitkan bagi pengajar.

Untuk membantu guru bahasa Inggris agar lebih mudah dalam mengajar anak-anak didik mereka, berikut ada beberapa tips yang dapat membantu:

  • Jika ada siswa yang terlihat frustrasi kepada guru, maka cobalah untuk tidak melakukan hal yang dapat membuat mereka makin frustrasi. Cobalah bicara baik-baik dengan siswa tersebut, dan cari tahu masalah yang sedang dihadapinya berkaitan dengan pelajaran.
  • Cobalah untuk mengimplementasi sistem reward yang diberikan kepada siswa yang aktif di kelas dan dapat ditukar untuk tambahan nilai.
  • Buatlah peraturan-peraturan kelas bersama dengan siswa-siswi dan bantulah mereka membuat peraturan yang adil. Dengan berpartisipasi di dalam proses pembuatan peraturan, mereka cenderung akan lebih mematuhi peraturan.
  • Bangunlah hubungan yang baik dengan siswa-siswi. Tanyalah tentang minat-minat mereka, ketahuilah beberapa hal tentang mereka, dan cobalah untuk sesekali menghadiri aktivitas sekolah untuk lebih dekat dengan mereka. Siswa biasanya lebih nyaman belajar dari orang yang mereka senangi.
  • Bukalah sesi tanya jawab di akhir kelas dan sesekali adakanlah kuis kecil sebelum kelas usai, untuk memastikan mereka sudah mengerti apa yang dipelajari pada hari itu.
  • Buatlah catatan kecil mengenai siswa-siswi Anda, dan beritahulah orang tua siswa jika ada sesuatu yang harus mereka ketahui.
  • Berikanlah materi review secara berkala agar pelajaran yang sudah dipelajari tetap segar di benak murid. Alternatif lainnya adalah dengan meminta mereka untuk membuat materi review mereka sendiri, untuk membantu mereka ketika ulangan.

Hal yang paling penting tentunya adalah niat yang kuat untuk mengajar anak-anak di bawah tanggung jawab Anda dan hubungan yang kuat antara Anda dan siswa-siswi. Dengan tips di atas, diharapkan proses belajar mengajar dapat menjadi lebih menyenangkan baik buat guru maupun anak didik. (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE