Mengapa Menggunakan Colocation Indonesia?

Colocation IndonesiaServer merupakan hal yang sangat vital dan penting tidak hanya bagi perusahaan saja tetapi juga lembaga, organisasi dan sejenisnya. Di dalam server ini biasanya akan tersimpan berbagai informasi yang sangat penting yang berkaitan dengan perusahaan, seperti data karyawan, data asset dan berbagai data lainnya. Terjadinya masalah pada server walaupun hanya sebentar bisa berdampak besar bagi perusahaan, terutama jika terjadi pada perusahaan yang memiliki jaringan luas. Untuk mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin akan terjadi mulai banyak perusahaan yang menggunakan jasa data center seperti Colocation Indonesia. Colocation indonesia sendiri adalah menempatkan mesin server di rak perusahaan milik orang lain dan berbagi bandwidth dengan mereka.

Banyak alasan yang menjadi dasar perusahaan lebih Memilih Colocation Indonesia yang Tepat jika di bandingkan dengan menyimpan servernya sendiri di kantor, antara lain:

  • Meminimalis Resiko yang dihadapi

Ada berbagai hal yang harus diperhatikan saat menentukan lokasi penempatan server. Perusahaan harus mencari tempat yang memenuhi berbagai kriteria agar server miliknya aman dari berbagai resiko yang mungkin terjadi, beberapa contoh kriteria yang harus terpenuhi yaitu:

  1. Listrik tempat penempatan server harus aman dari ancaman pemadaman, karena jika terjadi pemadaman listrik walaupun hanya sebentar dapat berpengaruh besar bagi perusahaan.
  2. Lokasi yang dipilih juga sebisa mungkin aman dari ancaman berbagai bencana, seperti banjir, tanah longsor atau bencana lainnya yang dapat mengganggu kinerja server tersebut.

Dengan menggunakan colocation server maka server akan ditempatkan dilokasi yang sudah jelas aman karena penyedia jasa ini biasanya akan mencari tempat yang memenuhi semua kriteria sebelum menentukan lokasi data center.

  • Penghematan

Dengan meletakkan server di rak milik perusahaan lain, artinya perusahaan tidak perlu mempersiapkan lokasi khusus untuk penyimpanan server. Selain itu, ruangan server yang harus terjaga suhunya membuat perusahaan harus membayar biaya listrik lebih besar. Masalah ini tidak akan dihadapi perusahaan jika menggunakan jasa Colocation, karena biaya yang harus dikeluarkan sudah jelas sehingga lebih mudah bagi perusahaan untuk mengatur keuangannya.

  • Kecepatan Bandwidth

Keuntungan yang didapat perusahaan dengan menggunakan jasa ini adalah biaya bandwidth yang dibayarkan lebih hemat atau setara dengan biaya hosting biasa namun bisa mendapat kecepatan bandwidth yang lebih tinggi serta redundansi yang lebih baik untuk koneksi jaringannya.

One thought on “Mengapa Menggunakan Colocation Indonesia?

  1. Pingback: Pengelolaan Server Bagi Bisnis Online itu Penting!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE