Mengatasi Rembesan Air Pada Dinding

Atap RumahCat anti air solusi untuk masalah rembesan air pada dinding dan atap. Rembesan air pada dinding bisa menyebabkan dinding menjadi lembab, berjamur dan bernoda (bekas air). Kejadian perembesan air pada dinding biasa terjadi pada saat hujan. Semakin banyak frekuensi curah hujan terjadi, semakin cepat air merembes pada air karena paparan air hujan yang lama. Beberapa cat dinding tidak cukup kuat untuk menahan paparan air hujan untuk waktu yang lama. Cat dinding yang cocok dengan kondisi cuaca Indonesia adalah cat anti air.

Penyebab Rembesan Air.  Berikut ini beberapa penyebab terjadinya rembesan air pada atap dan dinding:

  • Dak beton yang berpori-pori dan cat yang digunakan tidak berhasil menutupi pori – pori tersebut.
  • Kerangka atap yang rapuh sehingga penutup atap kurang rata.
  • Susunan genteng yang kurang tepat sehingga meninggalkan lubang. Lubang pada genteng akan menjadi jalan masuk air hujan ke dalam rumah. Bila lubang tidak ditutup dan diperbaiki, air akan terus masuk selama cuaca hujan.
  • Cat dinding luar yang digunakan tidak memiliki karakteristik waterproof dan dampproof alias bukan cat anti air dan anti lembab. Cat biasanya tidak memiliki ketahanan pada terpaan air hujan sehingga tidak aneh bila air hujan sangat mudah merembes dan masuk ke dinding dalam. Selain itu plesteran dinding yang tidak waterproof juga akan menjadi salah satu penyebabnya.
  • Keretakan pada dinding atau genteng. Keretakan bisa terjadi pada bagian dalam dan luar. Pada saat paparan air hujan dan sinar matahari terus menerus, biasanya dinding dan atap akan mudah rusak dan retak.
  • Paparan sinar matahari dan air hujan terus menenerus menjadi alasan utama rusaknyanya cat sehingga air mudah dirembes.

Cara memperbaikinya tentu kita harus tahu sumber permasalah kenapa terjadinya rembesan air. Untuk masalah rembesan air yang ringan seperti bercak – bercak air ringan, kita bisa menggunakan plesteran kemudian dilapisi dengan cat anti air yang ada dipasaran. Untuk masalah rembesan air parah seperti bocor, disarankan menghubungi ahlinya karena dinding harus dimodifikasi dan ditambal.

Sangat disarankan, dari awal menggunakan Cat Anti Air Sebagai Pelindung Tembok dan atap sudah menggunakan cat anti air agar tidak terjadi rembesan air. Lagipula perawatan dinding dan atap yang sudah dilapisi cat anti bocor lebih murah. –hj Minata-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE