Mengenal 3 Jenis Ban Sesuai Kondisi Jalanan

ban mobilPengendara motor yang menggunakan kendaraan ini sebagai alat transportasinya sehari-hari, tentulah harus memberikan berbagai hal yang terbaik bagi motornya. Apalagi, jika perjalanan ini melewati medan yang cukup berat (kemacetan, jalanan rusak, dan sebagainya). Melakukan perawatan secara rutin dan menggunakan oli motor terbaik, belumlah cukup untuk menjaga kondisi motor kita tetap optimal. Masih ada banyak hal lain yang akan mempengaruhi kinerja motor, salah satunya yaitu kondisi ban.

Mungkin hal ini terlihat sangat sederhana, padahal hal ini sangat penting dan berpengaruh pada keselamatan saat berkendara. Memilih ban yang tidak tepat, akan membuat daya cengkeram motor tidak bekerja maksimal saat harus melakukan pengereman, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi pengendara dan orang disekitarnya. Untuk dapat menentukan jenis ban yang sesuai untuk kita, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu 3 jenis ban sesuai kondisi jalanan:

Wet

Ban ini sering disebut dengan ban basah, karena umumnya digunakan pada kondisi jalanan yang basah. Ban ini memiliki alur yang cukup banyak hingga ke tepian ban. Alur ini berfungsi sebagai jalan untuk aliran air pada saat ban berputar. Ban basah ini memiliki daya cengkeram yang tinggi saat melintas di jalanan basah. Namun, kemampuan cengkeramannya akan berkurang ketika melintas pada jalanan yang kering.

Dry

Ban ini disebut sebagai ban kering, karena paling baik digunakan pada lintasan yang kering. Ban ini memiliki alur yang sangat sedikit, atau bahkan tidak memiliki alur sama sekali. Karena tidak memiliki alur, ban ini sangatlah berbahaya ketika digunakan pada kondisi lintasan yang basah, karena dapat meningkatkan risiko terpeleset.

Wet-dry

Ban ini bisa digunakan pada lintasan basah maupun kering. Memiliki cukup banyak alur, namun tidak sebanyak alur pada ban basah. Sehingga, ban ini aman digunakan pada lintasan basah maupun kering.

Ban basah dan ban kering biasanya digunakan dalam arena balapan motor. Sementara, untuk penggunaan motor sehari-hari di Indonesia, ban wet-dry adalah ban yang tepat untuk digunakan. Apalagi, dengan kondisi cuaca yang semakin sulit untuk diprediksi (sebentar hujan, sebentar panas). (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE