Mengenal Alat Berat Buldoser

Alat Berat Buldoser United TractrosDozer atau Buldoser merupakan salah satu jenis alat berat yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik untuk proyek kegiatan konstruksi Jalan dan kegiatan pembentukan lahan. Karena alat ini digunakan untuk berbagai keperluan, maka alat ini memiliki berbagai jenis macam dan spesifikasi  yang disesuaikan dengan penggunaannya. Perusahaan penjual alat berat menyediakan berbagai macam Buldoser yang dapat dipilih sesuai dengan proyek yang sedang dikerjakan. Buldoser ada yang menggunakan roda kelabang / track, atau Istilah lainnya adalah Crawler type Doze dan Buldoser yang menggunakan roda karet atau istilah lainya Wheel type Doze. sementara ada juga, Buldoser khusus yang digunakan untuk pekerjaan dirawa sering disebut Swamp Bulldozer atau Swamp Dozer.

Meskipun memiliki jenis yang beragam, namun manfaat utama dari alat berat ini tetap sama sebagai:

  • Alat pendorong
  • Alat penarik
  • (Alat Pemberai (Ripping))

Selain memiliki manfaat yang hampir sama, umumnya buldoser ini juga memiliki bagian perlengkapan kerja yang sama, yaitu:

  • Blade

Berfungsi untuk mendorong, meratakan dan juga memotong material. Blade terdapat pada bagian depan buldoser, berupa sebuah plat baja dan digerakkan secara hidrolik.

  • Ripper

Bagian ini berfungsi untuk menghancurkan atau memecahkan batu serta berbagai material tanah yang keras lainnya menjadi bongkahan-bongkahan kecil agar mudah untuk digusur atau dipindahkan. Ripper ini terletak pada bagian belakang Buldoser dan berbentuk taji.

  • Bucket

Bucket merupakan salah satu perlengkapan kerja yang ada pada Dozer Shovel. Bagian ini berfungsi untuk menggali (digging), dan memuat (loading) material tanah, batu dan berbagai material lainnya.

  • Towing Winch

Towing Winch berbentuk gulungan kawat baja yang berada pada bagian belakang Buldoser. Fungsi bagian ini yaitu alat untuk menarik kayu, mesin, portable camp dan lainnya.

Buldoser ini mampu untuk bekerja di berbagai kondisi medan (keras dan lunak) dengan sudut kemiringan tertentu. Jarak dorong efisien alat ini yaitu sekitar 20 hingga 40 meter. Alat ini mampu mendorong tanah ke arah depan maupun samping, tergantung pada sumbu kendaraannya. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE