Mengenal Alat Berat Clamshell

Alat Berat ClamshellJika tengah membicarakan tentang alat berat dan yang terlintas di benak Anda adalah excavator, maka Anda perlu tahu lebih banyak lagi tentang alat berat. Cobalah tengok ke area-area pembangunan gedung, pembangunan jalan, atau bahkan di area pertambangan: apakah alat berat yang berada di sana hanya excavator? Tentunya, tidak, bukan? Ada banyak sekali alat berat yang ada di sana mulai dari dragline, dump truck, hingga clamshell. Alat berat sangat beragam jenisnya, begitu pula suku cadang alat beratnya. Yuk, mari mengenali serba-serbi alat berat ini sedikit demi sedikit! Khusus untuk artikel kali ini, yang menjadi pusat pembahasan adalah clamshell. Apa itu clamshell?

Alat berat Clamshell adalah sebuah alat berat yang mirip dengan dragline dan berfungsi untuk mengangkut material. Alat berat ini digunakan untuk mengerjakan material lepas, seperti pasir, kerikil, lumpur, dan semacamnya. Cara kerjanya adalah dengan mengisi bucket, mengangkat ke atas secara vertikal, kemudian diangkut menuju tempat yang dikehendaki untuk selanjuutnya ditumpahkan ke alat pengangkut lain atau untuk ditimbun. Bucket clamshell sendiri terdiri atas beberapa ukuran dan memiliki dua jenis, yaitu heavy duty bucket dan juga light duty bucket. Heavy duty bucket biasanya digunakan untuk penggalian dan dilengkapi dengan gigi yang dapat dilepas. Sementara itu, light duty bucket merupakan bucket yang digunakan untuk mengangkat bahan ringan—karenanya alat ini tidak dilengkapi oleh gigi-gigi.

Kapasitas bucket dalam clamshell dibedakan menjadi 3 macam ukuran, yaitu water level capacity, plate line capacity, dan juga heaped capacity. Water heater capacity merupakan bucket dengan kapasitas yang memungkinkan bucket mampu digantungkan setinggi permukaan air, plate line capacity merupakan bucket yang bisa terisi rata hingga mengikuti garis sepanjang puncak clamshell, dan headed capacity merupakan bucket dengan kapasitas yang cukup besar dan menumpuk.

Ketika mengoperasikan clamshell, yang perlu Anda perhatikan adalah proses penggalian dan pengangkutan sangat bergantung dengan beban bucket dan kapasitasnya. Selain itu, jangkauan dari clamshell juga bergantung pada panjang dari boom-nya. Jika ingin memaksimalkan daya angkat, maka disarankan untuk menggunakan boom sependek mungkin agar alat berat tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE