Mengenal Alat Musik Harpa

Alat Musik HarpaAlat musik harpa memang tidak sepopuler alat musik jenis lainnya, seperti gitar atau piano. Karena itulah, tidak semua toko alat musik menyediakan alat musik ini. Namun, sebenarnya alat musik ini cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Bahkan, banyak juga anak-anak yang sebenarnya sudah mengenal alat musik ini melalui berbagai film kartu aatau animasi yang ditontonnya. Biasanya, pada film kartun harpa akan diidentikkan dengan peri atau dewi yang memainkannya atau terdapat ukiran malaikat atau angel pada salah satu sisinya. Nah, bagi yang ingin mengenal alat musik ini secara lebih detail, berikut ini pembahasannya.

Harpa merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Ukuran alat musik harpa ini sangatlah bervariasi, dari yang berukuran kecil hingga cukup besar. Sebagian besar harpa, identik dengan warna emas, namun saat ini sudah banyak juga harpa yang memiliki warna lain. Meskipun begitu, alat musik ini tetaplah terlihat elegan.

Pada umumnya, alat musik ini berbentuk segitiga namun memiliki sedikit lekukan pada bagian atasnya. Untuk memainkannya, harpist (istilah untuk pemain harpa) akan berada pada sisi harpa yang membentuk segitiga dan kemudian memetiknya dari sisi kanan dan kiri. Pada harpa berukuran kecil, maka harpist akan memangku alat musik ini sambil memainkannya. Sementara, harpa berukuran besar akan diletakkan pada lantai dan harpist akan duduk di sisi segitiga harpa.

Meskipun umumnya harpist memainkan alat musik ini dengan kedua tangan, namun pada kenyataannya banyak juga harpist yang memainkan alat ini dengan menggunakan kaki. Jika memang sudah terbiasa, maka suara musik yang dihasilkan tidak akan berbeda antara memainkannya dengan tangan atau kaki.

Bagi yang senang menyaksikan pertunjukkan orkestra, pasti sering melihat alat musik ini sebagai salah satu jenis alat musik pendukungnya. Dalam sebuah orkestra ataupun pertunjukkan musik, harpa sering digunakan untuk mengiringi vokal penyanyi. Namun, meskipun tanpa ada nyanyianpun alat musik ini tetap bisa menghasilkan sebuah suara yang sangat indah. Karena itulah, harpa juga terkadang dimainkan sendiri dan menjadi musik instrumental. (Vita)

One thought on “Mengenal Alat Musik Harpa

  1. Pingback: Mengenal Alat Musik Harpa | baguskalong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE