Mengenal Asuransi Unit Link

Selain jenis asuransi tradisional yang sudah kita kenal, seperti asuransi berjangka, seumur hidup, serta dwiguna, ada juga jenis asuransi lain yang tidak asing di masyarakat Indonesia yakni asuransi unit link, yang merupakan jenis asuransi non tradisional. Unit link sendiri merupakan campuran dua produk keuangan, yakni asuransi jiwa (proteksi) dan produk investasi.

asuransi unit linkJadi, premi yang dibayarkan oleh pemegang polis sebagian akan digunakan untuk membayar proteksi sementara sebagian lainnya akan digunakan sebagai investasi. Biasanya yang digunakan adalah reksa dana dalam bentuk link. Jenis reksa dana dipilih sendiri oleh pemegang polis, apakah berupa reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran, atapun pasar uang.

Karena terkait dengan pasar modal, produk ini lebih rumit daripada asuransi biasa dan cukup sulit dipahami bila tidak disertai dengan penjelasan yang rinci dari agen asuransi. Untuk itu, pemegang polis harus rajin dan seksama dalam mempelajari dan memperhatikan produk asuransi unit link ini. Sehingga tidak akan salah beli. Jangan sampai sudah mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar namun keuntungan yang didapat dari hasil investasi yang tidak sebanding serta pertanggungan atau klaim yang didapat kurang dari kebutuhan.

Jenis Asuransi unit link

Memilih Asuransi Terbaik Indonesia bisa dengan berdasarkan pembayaran preminya, asuransi unit link bisa dibagi menjadi dua, yakni tunggal dan berkala. Pada unit link tunggal, pemegang premi membayarkan preminya sekali saja, sekaligus dimuka. Setelahnya, pemegang premi tidak berkewajiban untuk membayar premi lagi. Namun, pemegang premi diperbolehkan untuk menambah porsi investasi.

Unit link tunggal ini cocok untuk seseorang yang telah mampu dan mapan secara finansial. Mengingat nilai premi yang harus dibayarkan sangat besar, bahkan yang paling besar di antara asuransi lainnya.

Sedangkan, pada unit link berkala, pemegang premi harus membayar premi secara berkala atau bertahap, bisa tiap tahun , kuartal, atau tiap bulan selama jangka waktu tertentu. Pada sistem berkala ini, Anda bisa mempause atau meminta untuk diberhentikan sementara kewajiban pembayaran premi Anda ketika kondisi finansial sedang tidak memungkinkan.

Sistem unit link berkala ini cocok bagi pemegang premi yang ingin mendapatkan proteksi sekaligur berinvestasi, namun memiliki dana yang terbatas. Karenanya produk ini banyak menjadi pilihan mereka yang berusia muda. (raw)

One comment on “Mengenal Asuransi Unit Link

  1. […] secara praktis melalui unit link. Khusus untuk produk asuransi ini diperlukan informasi untuk Mengenal Asuransi Unit Link secara jelas dan tepat, sehingga tidak akan merasa dirugikan di kemudian hari. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On Google PlusVisit Us On PinterestVisit Us On LinkedinCheck Our Feed