Mengenal Beberapa Istilah Dalam Masakan Jepang

Pelengkap Makanan JepangBanyaknya pecinta kuliner Jepang di Indonesia membuat para pengusaha di bidang kuliner tertarik untuk membuka restoran Jepang. Agar mampu bersaing dengan kompetitor, berbagai konsep mereka tawarkan bagi para konsumennya. Misalnya saja, seperti Akira Back Jakarta yang menawarkan konsep restoran jepang modern, dengan perpaduan citarasa korea. Ada juga beberapa restoran jepang yang menawarkan konsep jepang yang sesungguhnya, dengan mendekorasi restorannya dengan nuansa jepang.

Meskipun restoran jepang memiliki beragam konsep yang berbeda, namun sebenarnya mereka tetaplah memiliki kesamaan. Beberapa istilah makanan ini, biasanya akan tetap kita temukan pada setiap makanan di restoran jepang, bagaimanapun konsep yang digunakan. Perbedaannya, biasanya ada pada cara pengolahannya saja. Berikut ini, adalah beberapa istilah atau nama makanan yang sering digunakan dalam makanan jepang:

  • Miso

Miso merupakan salah satu bumbu utama dalam masakan Jepang. Miso terbuat dari fermentasi rebusan kedelai atau beras (atau campuran keduanya) dengan garam. Biasanya, memiliki rasa yang asin, namun rasa, aroma serta warnanya akan sangat bergantung pada bahan baku yang digunakan dan proses pembuatannya.

  • Shoyu

Shoyu bisa juga dikatakan seperti kecap jepang, karena memiliki tekstur yang mirip dengan kecap pada umumnya. Shoyu berbentuk agak kental dan berwarna pekat. Rasa shoyu sedikit asin, namun juga sedikit manis (tergantung pada jenis shoyu).

  • Nori

Nori adalah jenis makanan jepang yang sangat terkenal dan disukai oleh sebagian besar pecinta kuliner jepang di Indonesia. Nori adalah rumput laut berbentuk lembaran yang sering digunakan untuk membuat sushi atau onigiri. Ukuran nori beragam, adanya berukuran lebar, dan ada juga yang berukuran kecil.

  • Narutomaki

Ketika mendengar nama naruto, mungkin kita akan langsung teringat pada toko anime ninja yang sangat terkenal. Tapi naruto yang ini berbeda dengan tokoh anime tersebut. Narutomaki adalah sejenis makanan olahan dari ikan (kamaboko) yang memiliki pola melingkar. Narutomaki biasa dijadikan topping mie dalam masakan jepang.

  • Katsu

Katsu adalah hidangan khas jepang yang menggunakan tepung roti atau panko, dan kemudian di goreng. Bentuknya tidak berbeda jauh dengan nugget yang biasa kita beli di swalayan. Katsu ini, bisa terbuat dari daging ayam, udang, atau sebagainya. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE