Mengenal Fungsi Piston Motor Beserta Kelengkapannya

Bentuk piston motor Yamaha, Honda, Suzuki dan merk motor lainnya semua bentuk piston yang sama yaitu silinder. Tentu sebagai pengguna sepeda motor, tentu sering dengar komponen sepeda motor yang penting salah satunya itu adalah piston sepeda motor. Piston motor sendiri merupakan sumber geser yang terpasang di dalam silinder dan bekerja dan bergerak secara bergantian atau bolak balikdi dalam silinder.

bagian pistonPiston bekerja akibat adanya dorongan dari adanya ekspansi tekanan sebagai hasil dari proses pembakaran. Gerakan piston sangat cepat, bahkan bisa mencapai 2400 kali dan mampu lebih dari itu setiap menitnya. Ini karena piston selalu menerima tekanan dan suhu yang tinggi, sehingga mampu bergerak dengan kecepatan sangat tinggi dan terus menerus. Gerakan piston yang turun naik secara cepat ini tentu untuk melayani proses dari mesin motor yang terdiri dari langkah pengisian, kompresi, dan pembuangan sisa gas yang tidak berguna melalui knalpot.

Bagian piston motor seperti piston, ring piston, dan batang piston. Setiap piston yang ada disetiap motor terpasangan dengan longgar pasa setiap alur ring. Ring piston tersebut dibedakan menjadi 2 macam, seperti

Ring Kompresi
Jenis ring piston ini berjumlah satu untuk jenis motor bebek atau matic, namun dua bahkan lebih untuk jenis motor-motor besar. Ring kompresi ini untuk menjadikan piston dan dinding silinder menjadi rapat sehingga tidak akan dengan mudah terjadi kebocoran ketika proses kompresi.

Ring oli
Jenis ring piston ini dipasang pada bagian bawah dengan bentuk yang akan memudahkan minyak pelumas untuk melumasi dinding silinder.
Untuk ring piston untuk jenis motor 2Tak ada sedikit perbedaan dengan ring piston motor 4Tak. Biasanya untuk jenis motor 2Tak hanya ada 2 buah ring piston, dimana kedua ring piston tersebut hanya digunakan sebagai ring kompresi. Dalam memasang ring piston ini memang bisa dilakukan tanpa harus menggunakan alat bantu, namun tetap harus hati-hati karena ring piston ini sangat mudah patah.

Namun Ring piston mesin dua langkah sedikit berbeda dangan ring piston mesin empat langkah. Ring piston mesin dua langkah biasanya hanya 2 buah, yang keduanya berfungsi sebagai ring kompresi. Pemasangan ring piston dapat dilakukan tanpa alat bantu tetapi harus hati-hati karena ring piston mudah patah. Dan ini akan mengakibatkan kerusakan pada ring piston, seperti
1. Dinding silinder bagian dalam cepat aus
2. Mesin tidak stasioner
3. Suara mesin pincang
4. Tenaga mesin kurang
5. Mesin sulit dihidupkan
6. Kompresi mesin lemah

Semoga info tentang Mengenal Fungsi Piston Motor Beserta Kelengkapannya bisa bermanfaat untuk para bikers. apuy-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE