Mengenal Jenis Steak Dari Bahan Baku Sapi & Babi

Warung Steak atau lebih dikenal dengan nama WS sekarang ini sudah berserakan dimana-mana.Tak ayal banyak pebisnis yang membuka usaha warung steak ini untuk mendapatkan keuntungan dan pembeli yang banyak. Dengan design ruangan makan yang bergaya minimalis dan memanfaatkan furniture kayu jati, maka warung steak yang baru dibuka bahkan yang sudah lama dibuka pun akan terkesan lebih wah dan mewah. Yang membuat pembeli betah berlama-lama makan di warung steak.

Warung Steak atau WS biasanya menjual beragam menu steak dengan berbagai pilihan bahan baku utama seperti ikan, daging sapi, daging ayam dan terkadang ada yang menjual daging babi. Berikut beberapa macam-macam steak yang terbuat dari bahan baku daging sapi dan babi:

  1. Filet mignon Steak merupakan salah satu menu steak yang paling mahal di warung steak. Hal ini dikarenakan Filet Mignon berasal dari Tenderloin. Tenderloin adalah potongan daging paling lembut pada daging sapi dan babi yang terletak di tengah-tengah bagian belakang antara sirloin dan tulang rusuk. Saking lembutnya Filet Mignon ini, ketika dipotong dengan pisau yang tidak tajam pun akan terpotong dengan sempurna.
  2. SteakT-Bone Steak merupakan salah satu menu steak yang terletak di bagian pinggang sapi atau babi. Dipotongan steak ini terdapat huruf T yang memisahkan bagian tenderloin dari bagian yang lebih besar dari pinggang atas. Biasanya daging T-Bone tidak selembut daging tenderloin.
  3. Porterhouse Steak adalah salah satu jenis steak yang paling populer. Porterhouse terletak di bagian pinggang yang berdaging tebal dan masih menyisakan huruf T Yang membedakannya dengan T-Bone adalah ukuran Porter lebih besar.
  4. Salisbury Steak tidak seperti steak pada umumnya, melainkan burger dari daging sapi yang dicacah dicampur dengan bawang, diberi remah-remah roti dan kadang jamur. Dikenal dengan nama “Hamburger Steak” dan biasanya dibuat dari daging yang kualitasnya lebih rendah.
  5. Sirloin Steak adalah salah satu jenis steak yang terletak di bagian dekat pantat. Daging sirloin terasa lebih keras dari potongan yang diambil dari pinggang/loin atau tulang rusuk/rib.
  6. Tri tip/Club merupakan steak tanpa tulang yang terletak di sebelah ujung tulang rusuk Nama lain Tri tip/Club yaitu Triangle steak.
  7. Rib-Eye adalah potongan tulang rusuk sapi. Rib-eye adalah salah satu steak yang paling populer, juicy dan mahal di pasar. Daging lembut dari bagian rusuk/rib lebih berlemak. Lemak ini yang menyebabkan dagingnya lebih beraroma. Steak rib-eye juga disebut Fillet Scotch.
  8. Chateaubriand steak biasanya disajikan untuk berdua. Potongannya diambil dari ujung bawah dari Tenderloin. Dari potongan itu kadang masih terdapat daging Sirloin yang menempel.
  9. Strip atau Top Loin adalah daging Porterhouse atau T-bone steak yang telah dilucuti tulangnya dan diambil dari bagian tenderloin pilihan.
  10. Entrecôte dalam Bahasa Prancis berarti “antara tulang rusuk.” Memang, entrecote tradisional dibuat dari daging antara tulang rusuk nomer 9 dan 11, sehingga membuatnya sangat langka dan eksklusif. Dalam kebanyakan kasus hari ini, entrecote identik dengan Rib-eye.
  11. Wagyu steak adalah daging yang didapat dari proses genetik dan metode perawatan ternak yang sangat special.Perlakuan khusus ini yang membuat dagingnya sangat lembut, kaya lemak tak jenuh ganda, sangat berasa kualitas dagingnya karena memang dagingnya khusus diciptakan untuk dikonsumsi.Perbedaannya dengan daging lainnya, daging wagyu lebih putih.

Anda tertarik untuk mencicipi berbagai jenis steak yang ditawarkan Warung Steak? Maka jangan lupa datangi Warung Steak. –Sh–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE