Mengenal Notes pada Parfum

Dalam memilih parfum kita tentu tidak boleh sembarangan, apalagi banyak merk parfum yang dirilis seperti parfum yang membantu menurunkan berat badan. Meskipun parfum tersebut merupakan parfum original keluaran rumah parfum ternama, namun wanginya belum tentu cocok dengan selera kita. Karenanya, sebelum menentukan parfum yang ingin dibeli, kita selalu disarankan untuk lebih dulu menggunakannya seharian. Gunanya untuk mengetahui bagaimana perubahan wangi atau notes pada parfum tersebut.

notes pada parfumApa itu notes? Mungkin masih banyak yang belum begitu mengenal istilah notes pada parfum. Note atau notes sendiri merupakan istilah yang mewakili ‘lapisan’ wangi pada parfum yang bisa kita cium setelah parfum atau wewangian lain disemprotkan ke bagian tubuh kita.

Notes sendiri dibagi menjadi tiga kelas yakni top/head notes (atas), middle/heart notes (tengah), dan base notes (dasar). Setiap bagian notes ini memiliki wangi berbeda yang bisa tercium beberapa waktu setelah parfum disemprotkan. Setiap notes ini dibuat sedemikian rupa sehingga melengkapi wangi atau notes sebelum atau setelahnya.

Lebih lengkapnya mengenai notes parfum tersebut adalah sebagai berikut:

  • Top/Head Notes

Merupakan wangi yang kita cium pertama kali saat parfum disemprotkan. Top notes biasanya bertahan selama 8 hingga 15 menit setelah disemprotkan. Ini karena top notes terdiri dari molekul-molekul kecil yang mudah menguap. Wangi top notes sendiri bisa dibilang sangat penting dalam penjualan perfume, karena wangi inilah yang akan memberikan kesan pada pembeli. Itu sebabnya, banyak top notes yang mengambil wangi segar seperti jeruk, bunga yang lembut, dan wewangian halus lainnya.

  • Middle/Heart Notes

Middle atau heart notes ini bisa dibilang merupakan bagian utama dari wangi parfum. Wangi ini akan muncul setelah wangi top notes menghilang, sekitar 30 menit dari pertama kali disemprotkan. Wangi middle note terdiri dari wangi bunga yang lebih kuat dibandingkan pada top notes. Middle notes biasanya menyamarkan wangi dari base notes yang sangat kuat dan kadang tidak begitu enak.

  • Base note

Merupakan wangi terakhir yang tercium dan bertahan paling lama. Wangin base notes akan muncul saat wangi middle note mulai menghilang. Bersama dengan middle notes, wangi base notes merupakan wangi utama dari satu perfume. Wanginya biasanya lebih kuat dan kaya. Base notes terdiri dari molekul-molekul berat yang akan menguap secara perlahan-lahan. Beberapa wangi base notes bahkan dikatakan bisa bertahan hingga 24 jam setelah disemprotkan, seperti musk notes.

Kadang, wangi beberapa notes ini bisa saja menjadi berubah tergantung dengan wangi notes yang mengikuti atau mendahuluinya. Karenanya, meski kita sudah hapal dengan wangi notes tertentu, namun saat digabungkan dengan notes lainnya wangi tersebut bisa saja menjadi berbeda. Itulah mengapa sebelum membeli parfum, kita harus mencoba memakainya terlebih dahulu setidaknya selama seharian. Semoga informasi mengenai notes pada parfum tadi bisa bermanfaat! (raw)

One thought on “Mengenal Notes pada Parfum

  1. Pingback: Koleksi Parfum Original Para Artis - Media artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE