Mengenal Stiker Timbul atau Dome Sticker

cetak printingStiker sering sekali digunakan sebagai salah satu media promosi, terutama bagi sebuah tempat wisata. Lihat saja, jika kita habis mengunjungi sebuah tempat wisata dengan menggunakan mobil, maka saat pulang nanti kita akan melihat sebuah stiker tertempel pada kaca belakang mobil kita. Selain digunakan sebagai media promosi, stiker juga digunakan untuk berbagai hal lainnya, salah satunya yaitu penggunaan wall sticker untuk menghias dinding. Penggunaan stiker yang sangat beragam ini, berdampak pada meningkatnya jumlah permintaan Cetak Stiker di Jakarta.

Selain meningkatnya jumlah permintaan stiker, mulai banyak konsumen yang menginginkan stiker yang terlihat lebih eksklusif dan lain dari biasanya. Stiker timbul atau yang biasa disebut dome sticker, adalah salah satu jenis stiker yang banyak diminati oleh masyarakat. Stiker ini terlihat lebih menarik dan eksklusif jika dibandingkan dengan stiker biasa (stiker 2 Dimensi). Stiker timbul ini sebenarnya hanyalah stiker 2 dimensi yang diberikan lapisan pada bagian atas gambarnya, sehingga memberikan efek gambar yang timbul. Tentunya, setelah diberikan efek timbul ini harga jual stiker akan bisa lebih mahal bila dibandingkan dengan saat masih berupa stiker 2 dimensi.

Lapisan yang diberikan di atas stiker untuk membuat efek timbul ini, adalah cairan sejenis resin. Resin ini bisa kita dapatkan di toko bahan-bahan kimia, sehingga bagi yang ingin mencoba membuat stiker ini sendiri tentulah tidak sulit untuk mencari bahan-bahannya. Resin yang baik, biasanya akan dapat bertahan hingga 3 tahun. Resin biasanya tidak dijual dalam bentuk yang siap pakai. Untuk dapat menggunakannya, kita harus mencampurkan resin dengan hardener yang berfungsi untuk mengeraskan resin.

Saat proses mencampurkan resin dan hardener, kita harus sangat berhati-hati. Pastikan bahwa resin dan hardener tercampur dengan rata. Jika resin dan hardener tidak tercampur dengan rata, maka saat digunakan akan menimbulkan gelembung-gelembung yang tentunya akan merusak stiker timbul buatan kita. Untuk menuangkan resin ke atas stiker, kita bisa menggunakan suntikan kecil agar resin yang dituangkan tidak berantakan ke area di luar stiker. Biasanya, cairan resin ini akan berhenti mengalir tepat di ujung area stiker. Proses pengeringan membutuhkan waktu cukup lama. Agar resin bisa cepat kering, maka kita bisa menggunakan oven dengan suhu yang tidak akan merusak stiker. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE