Mengenal Tanda Kerusakan pada Water heater  

Mandi dengan Water Heater Water heater merupakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, terutama bagi keluarga yang memiliki anak kecil. Biasanya, anak kecil akan lebih banyak membutuhkan air hangat untuk berbagai keperluannya dibandingkan dengan orang dewasa. Jika orang tua harus selalu memasak air untuk memenuhi kebutuhan air hangatnya, tentunya akan terasa merepotkan. Selain itu, jika air hangat dibutuhkan sesegera mungkin memasak air panas terlebih dahulu akan memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan menggunakan water heater.

Sering kali, karena terlalu sibuk kita hanya menggunakan water heater tanpa melakukan perawatan secara rutin. Bahkan, kita tidak sadar ketika water heater sudah menunjukan tanda-tanda kerusakan sehingga tidak segera melakukan perbaikan. Akibatnya, kerusakan pada water heater semakin parah dan bahkan tidak dapat lagi diperbaiki. Padahal, jika kita segera menangani water heater dengan cara yang tepat ketika tanda-tanda kerusakan mulai muncul, water heater akan lebih mudah diperbaiki. Berikut ini adalah beberapa tanda water heater mengalami kerusakan:

  • Water heater membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses memanaskan airnya. Misalnya, biasanya water heater membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk memanaskan airnya, namun kali ini membutuhkan waktu lebih dari 1 menit.
  • Pada water heater listrik, jika air yang keluar terasa ada sengatan listrik meskipun kecil menandakan water heater mengalami kebocoran listrik. Sementara untuk water heater gas, jika tercium bau gas selama water heater menyala artinya terdapat kebocoran gas. Pada kedua kasus ini water heater harus segera diperbaiki, karena tidak hanya dapat memperparah kerusakan pada water heater saja tetapi juga berbahaya bagi penggunanya.
  • Jika aliran air yang dikeluarkan berbeda dari normal, hal ini juga menandakan adanya masalah pada water heater. Air yang terlalu kecil, menandakan adanya penyumbatan pada aliran air. Sementara, jika air mengalir terus menerus, menandakan adanya kebocoran pada pipa air.
  • Bila water heater mulai mengeluarkan suara yang tidak normal, sebaiknya segera matikan water heater dan jangan gunakan sebelum mengetahui penyebab pasti kerusakan pada water heater.
  • Jika water heater sulit menyala atau bahkan tidak mau menyala setelah beberapa kali di coba, sebaiknya jangan mencoba terus untuk menyalakannya.

Jika kita menemukan salah satu atau beberapa tanda diatas, jangan coba untuk mengutak-atiknya sendiri. Akan lebih baik jika kita menyerahkan pada ahlinya agar water heater dapat tertangani dengan cara yang tepat, dan tidak semakin rusak. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE