Mengenal Tunnel Boring Machine

Tunnel Boring MachineKetika melewati daerah Sudirman-Thamrin, kita pasti akan disuguhkan dengan pemandangan beberapa alat berat yang yang berada di tengah-tengah jalan protokol tersebut. Ya, saat ini memang pemerintah tengah membangun suatu moda transportasi masa yang diyakini bisa menjadi jalan keluar untuk kemacetan di Ibu Kota Jakarta, yakni MRT atau Mass Rapid Transportation.

Jalur MRT yang dibangun di jalan Sudirman-Thamrin ini nantinya akan menggunakan jalur bawah tanah atau Deep Tunnel. Nah, tentunya bisa dibayangkan seberapa besarnya ruang atau jalur bawah tanah yang diperlukan untuk MRT tersebut. Karena itulah, pengeboran ruang bawah tanah ini pun memerlukan alat berat khusus. Adalah Tunnel Boring Machine, yakni mesin bor khusus yang digunakan untuk menggali terowongan. Alat yang berbentuk silinder ini digunakan untuk membentuk terowongan dengan bentuk lingkaran. Diameter alat  sangat besar yakni bisa mencapai 19 meter. Meski ada juga yang hanya sebesar 1 meter, tergantung besar terowongan yang ingin dibuat.

Tunnel Boring Machine (TBM) ini bisa digunakan baik pada batuan lunak hingga batuan keras. Selain digunakan untuk membangun terowongan untuk konstruksi sipil, TBM juga digunakan untuk penggalian terowongan tambang bawah tanah. Dilengkapi dengan mata bor besar yang terdapat pada permukaan kepala bor, TBM ini bekerja seperti robot yang tidak hanya melakukan pengeboran namun juga menyemen dan membeton terowongan. Sehingga, hasil dari pengeboran TBM ini akan langsung memiliki permukaan yang rata, dan biasanya tidak memerlukan pekerjaan finishing lagi.

Karena ukurannya yang besar pengiriman TBM ke tempat pengeboran pun biasanya dilakukan secara terpisah. Setelah sampai di tempat pengeboran, baru nanti bagian-bagian ini akan dirakit kembali. Perakitan ini pun tidak dilakukan di atas, namun di dalam lubang yang sebelumnya sudah dibuat terlebih dahulu. Lubang ini nantinya akan menjadi jalan untuk memulai pengeboran.

Cara kerja TBM adalah menggerus tanah dan batuan dengan menggunakan putaran kepala bor-nya sambil bergerak maju. Kemudian tanah hasil gerusan yang masuk ke dalam silinder yang nantinya akan dilairkan ke belakang melalui screw conveyor serta conveyor lainnya. Setelah penggalian selesai, barulah dilakukan pemasangan segmen-segmen terowongan yang sudah dibuat sebelumnya.

TBM sendiri merupakan alternatif pengeboran terowongan dengan cara konvensional yang menggunakan Drilling and Blasting (D&B). Berbeda dengan TBM, metode D&B ini melibatkan tahap pengeboran atau drilling dan peledakan atau blasting yang menjadi tahap utamanya.  Untuk proyek pembangunan, alat ini sangat jarang digunakan. Alat berat untuk proyek pembangunan memang agak berbeda.(raw)

One thought on “Mengenal Tunnel Boring Machine

  1. Pingback: Alat Berat untuk Pembuatan Jalan Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE