Menghindari Dehidrasi Saat Bersepeda

Cegah Dehidrasi Saat BersepedaSelain sebagai alat berolahraga, sepeda MTB juga sering dimanfaatkan untuk alat transportasi masyarakat. Misalnya saja ketika akan ke sekolah, ataupun akan ke kantor. Tentunya, sepeda yang digunakan akan berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Menggunakan jenis sepeda yang salah untuk tujuan yang salah akan dapat membuat kegiatan bersepeda kita menjadi terasa tidak nyaman. Karena itulah, penting bagi kita untuk menentukan terlebih dahulu apa tujuan utama kita membeli sepeda.

Selain menentukan sepeda yang tepat untuk kegiatan bersepeda, masih ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang penting yaitu, masalah dehidrasi saat bersepeda. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, karena dapat berdampak langsung pada kesehatan kita. Dehidrasi pada saat bersepeda, dapat membuat jantung bekerja lebih keras daripada dalam kondisi normal. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan berdampak sangat fatal.

Banyak pengguna sepeda yang beranggapan, bahwa rasa haus yang mulai muncul merupakan salah satu tanda tubuh mulai kekurangan cairan. Biasanya, mereka akan mulai mengonsumsi air pada saat rasa haus tersebut muncul. Padahal, tanda awal dehidrasi bukanlah rasa haus tersebut. Ketika rasa haus tersebut muncul, artinya tubuh sudah benar-benar kekurangan cairan dan membutuhkan supply cairan sesegera mungkin. Rasa lelah dan mulai kehilangan tenaga inilah, yang sebenarnya merupakan pertanda awal tubuh mengalami dehidrasi.

Ketika tubuh mulai menunjukkan tanda dehidrasi, banyak yang menganggap minuman yang mengandung elektrolit lebih bermanfaat bagi tubuh dibandingkan dengan minum air mineral biasa. Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun tidak sepenuhnya salah. Jika kita bersepeda dalam jangka waktu yang sebentar (kurang dari 1 jam), maka kedua minuman ini tidak terlalu memiliki pengaruh yang berbeda bagi tubuh. Namun, jika kita bersepeda dalam waktu cukup panjang (lebih dari 1 jam), maka minuman dengan elektrolit akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan air mineral biasa. Selain itu, kita bisa mencegah dehidrasi saat bersepeda ini dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Namun ingat, sebaiknya hindari mengonsumsi berbagai makanan atau minuman yang mengandung alkohol atau kafein, 24 jam sebelum kegiatan bersepeda dimulai. Apalagi, jika kita akan bersepeda di bawah cahaya matahari yang sangat terik. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE