Menjaga Pagar Besi dari Karat

Setiap material pagar pastinya memiliki kriteria perawatan tersendiri. Untuk itu, ketika hendak membeli pagar di tempat jual pagar besi hingga tempat jual pagar beton precast, jangan lupa untuk mempertimbangkan unsur perawatannya. Pagar yang terbuat dari besi, tentunya akan beda cara perawatannya dengan pagar yang terbuat dari beton dan juga bata. Sebab karakteristik dari setiap material pagar tidak bisa disamakan antara satu dengan yang lainnya.

Pagar Rumah Besi

Salah satu pagar yang marak digunakan oleh masyarakat adalah pagar besi. Pagar yang terbuat dari besi memang sangat rentan untuk terserang karat, apalagi di musim hujan seperti sekarang. Hujan yang terus turun setiap hari dan tidak adanya cahaya matahari yang cukup membuat pagar besi basah dan lembap sehingga kemungkinan untuk karat sangatlah besar. Proses karat pada besi terjadi dari reaksi oksidasi dan juga reaksi kimia. Ketika air, oksigen, dan garam terlarut bercampur menjadi satu dan menimbulkan reaksi tersebut, maka terjadilah proses karat. Karat tidak hanya berbentuk noda yang melekat di badan besi tetapi juga bisa menghilangkan material besi hingga terlihat keropos. Untuk itu, sebelum semuanya terlambat dan Anda harus mengganti keseluruhan pagar yang telah rusak dimakan karat, sebaiknya jangan tunda untuk melakukan perawatan.

Lantas, bagaimana caranya? Ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga pagar besi dari karat :

  1. Jika bagian dari pagar besi Anda ada yang sudah berkarat, sikatlah bagian tersebut dengan perlahan untuk ‘melepaskan’ bagian karatnya. Setelah selesai, ambil ampelas dan gosok bagian tersebut hingga benar-benar bersih. Untuk itu, sangat disarankan untuk melakukan perawatan ketika besi baru saja berkarat.
  2. Lap bagian yang sudah diampelas dengan kain lap. Biasanya, setelah digosok akan ada material yang tertinggal seperti minyak atau debu. Bersihkan dari semua material yang menempel hingga Anda yakin bahwa permukaan besi tersebut telah bersih.
  3. Tutupi bagian yang tadi berkarat dengan cat besi. Pilihlah cat yang mengandung bahan anti karat karena berfungsi sebagai cat primer sekaligus top coat atau cat finish. Cat ini juga akan menambah nilai estetika di hunian Anda karena tampilan eksterior Anda akan terlihat menarik dengan pagar yang terlihat berwarna sepanjang waktu.

Mudah, bukan? Nah, jangan tunda hingga pagar besi di rumah Anda rusak dulu baru melakukan perawatan, ya! Selamat mencoba!

One thought on “Menjaga Pagar Besi dari Karat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE