Menjaga Rahasia Pribadi di Media Sosial, Begini Caranya!

Sekarang ini, hampir semua aktivitas yang di sekitar masyarakat dilakukan di media sosial yang terdapat pada merk handphone terbaik. Mulai dari, chatting dengan teman, berbelanja di situs online, menggalau di semua media sosial yang dimiliki, dan sebagainya. Namun, pada saat membuka media sosial maupun situs belanja yang mengharuskan kita untuk memasukkan akun pribadi ini, terkadang banyak diantara kita yang mengabaikan akan keamanan yang diberikan, dan melupakan untuk menutup maupun mengeluarkan akun yang sudah dimasuki. Jika sudah begini, tentu saja nantinya rahasia yang ada di dalam akun kita pun akan mudah dimasuki maupun diambil alih oleh orang lain, dan memungkinkan mereka mem-posting status yang tidak diinginkan.

Data Privacy

Untuk menghindari hal yang seperti ini, ternyata banyak cara loh yang bisa dilakukan untuk menjaganya. Apa sajakah itu? Berikut beberapa caranya:

  1. Selalu mengecek dan memeriksa pengaturan keamanan yang terdapat di akun media sosial.
  2. Jangan pernah memasuki akun media sosial seperti situs kencan maupun layanan yang terlihat mencurigakan dengan email utama. Tapi, jika kamu tetap ingin masuk ke situs yang sudah penulis sebutkan sebelumnya, sebaiknya kamu membuat email baru.
  3. Kalian harus berhati-hati ketika mengunggah foto yang berhubungan dengan tiket pesawat, identitas, dan dokumen penting lainnya di internet. Sebab, kini sudah banyak penjahat siber yang bisa melakukan kejahatan dengan hanya melihat identitas maupun dokumen yang diunggah ke media sosial. Untuk, itu alangkah baiknya kalian jangan mengunggah foto yang berkaitan dengan identitas pribadi, sehingga kalian terhindar dari tindak kejahatan.
  4. Sebisa mungkin membuat password email yang susah untuk ditelurusi, misalkan kombinasi antara angka, huruf kapital, dan spasi. Dengan begini, tentu saja akun kalian dan rahasia di dalamnya tetap terjaga.
  5. Pada saat kalian membuat akun di toko online, tapi tidak ingin identitas diri diketahui oleh si penjual. Kalian hanya perlu untuk menggunakan aplikasi private browsing, sehingga data diri kalian pun tidak akan pernah terdeteksi oleh toko online.
  6. Biasanya, pada saat membuka situs pencari di internet, akan muncul berbagai iklan yang tidak diinginkan. Terkadang, iklan yang muncul bisa melacak akun yang dimiliki, sehingga akan menghilangkan akun kalian di internet. Namun, dengan menggunakan fitur keamanan di internet akan membantu menyingkirkan iklan dengan cepat.

Nah, mudah sekali bukan, menjaga rahasia pribadi di internet? –SH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE