Merawat Dinding Batuan Alam di Rumah

Salah satu cara menciptakan kesan natural di rumah selain menambahkan furniture kayu jati adalah dengan memasang batuan alam untuk menghias dindingnya. Batuan alam dapat menambah kesan alami, sejuk, dan juga dingin khas pegunungan. Terlebih harga pemasangannya yang tidak terlalu mahal dan cukup tahan lama membuat material ini cocok untuk dipilih jika Anda ingin mempercantik eksterior rumah.

Dinding Batu Alam di Rumah

Namun demikian, sama halnya dengan furniture yang harus dirawat agar tetap tahan lama, begitu pun dinding batuan alam. Lantas, bagaimana cara merawat dinding batuan di bagian depan rumah? Ini dia tipsnya:

  1. Siapkan material untuk membersihkan dinding batuan. Pilih alat yang memiliki permukaan lembut seperti spons atau kain. Anda juga bisa memilih sikat berbulu halus untuk menggosok bagian yang berlumut. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak menggosok permukaan dinding batuan adalah gunakan gerakan memutar agar tidak menimbulkan goresan.
  2. Pilih cairan pembersih. Anda bisa memilih sabun ber-pH netral, amonia, atau pemutih. Silakan pilih salah satunya (dan jangan pernah mencampurkan semuanya) dan larutkan dengan air. Ketiga bahan ini memiliki kandungan yang dapat membersihkan batuan namun tidak akan bekerja maksimal jika dicampurkan antara satu sama lain.
  3. Untuk membersihkan kotoran pada permukaan batuan, Anda bisa menyemprotkan air pada bagian yang kotor dengan keras. Sebab begitu terkena semprotan air bertekanan keras, kotoran akan turun dengan sendirinya. Jika kotoran tetap membandel, ambil spons atau sikat berbulu halus untuk menggosoknya. Jangan lupa untuk menggunakan cairan pembersih yang tadi sudah disiapkan.
  4. Keringkan dengan lap bersih. Setelah selesai menggosok bagian permukaan batu, jangan lupa untuk segera mengelapnya dengan lap bersih. Sebab jika dibiarkan begitu saja, maka sisa-sisa sabun yang tidak tersapu bersih dengan air akan meninggalkan bekas putih pada permukaan batu. Tidak hanya itu, lembap dari air yang melekat di dinding batu juga akan memancing pertumbuhan lumut.

Semoga tips di atas bisa membantu, ya! Jangan lupa untuk membersihkan dinding batu secara berkala agar tetap terlihat seperti baru dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE