Merawat Knalpot Motor 2 Tak

Banyak yang bilang bahwa motor 2 tak wajib pakai oli samping untuk memastikan mesin terawat, yap itu tidaklah salah namun tidak berarti hal-hal lain tidak dipedulikan seperti knalpot.  Ehm, emang knalpot penting? Penting dong, gimana cara asap keluar dari mesin  jika tidak ada knalpot?  Walaupun sudah menggunakan oli samping terbaik pasti mesin akan tetap rusak karena semua asap pembuangan masih numpuk di dalam mesin.

Knalpot pada motor 2 tak  memerlukan perhatian lebih jika dibandingkan knalpot motor 4 tak. Eh, napa? Knalpot pada motor 2 tak sering kemasukan sisa oli pembakaran sehingga menumpuk pada dinding knalpot. Seiring dengan penumpukan secara terus menerus, kompresi knalpot akan semakin berkurang. Inilah salah satu kekurangan motor 2 tak namun motor 2 tak juga punya kelebihan lainnya, kok jadi jangan khawatir.

Gimana cara merawat knalpot motor 2 tak dengan baik? simak tahap cara membersihkan knalpot di bawah ini:

Copot Knalpot dulu

melapaskan knalpotUntuk memastikan semua bagian bersih, copot knalpot dari dudukan mesin. Lalu pisahkan setiap bagian agar kita bisa dengan mudah membersihkan setiap bagian. Ingat, jangan tanggung-tanggung ketika melakukan proses pembersihan knalpot.

Bye-bye Kerak

Gunakan semprotan udara bertekanan tinggi untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di dalam dinding knalpot. Setelah bagian dalam bersih, gunakan lap kering untuk membersihkan bagian luar knalpot.

lap bagian luar knalpot

Periksa Paking dan Gasbul Knalpot

Setelah proses bersih-bersih selesai, jangan langsung dipasang. Kita perlu melakukan pengecekan bagian lain pada knalpot untuk memastikan knalpot motor 2 tak kita bisa berfungsi lagi seperti baru. Apa yang perlu dicek? Pertama-tama periksa bagian Paking. Jika paking motor sudah mengalami kerusakan atau dalam kondisi yang tidak baik, lebih disarankan untuk kita segera menggantinya. Kenapa? Karena paking yang tidak bagus dapat menyebabkan kebocoran gas buang.

Bagian ke-2 yang harus diperiksa adalah gasbul knalpot.  Gasbul berfungsi sebagai peredam knalpot jadi jika rusak, bisa kebayangkan seberapa bisingnya suara yang keluar dari knalpot. Agar tidak menjadi penyebab polusi suara, ada baiknya kita menggantinya ketika mulai terlihat ciri-ciri kerusakan.

Bagi kamu yang bingung gimana cara membersihkan knalpot dengan baik, tidak ada salahnya mendatangi bengkel motor yang bisa dipercaya. –hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE