Merawat Mobil Itu Mudah, Kok

merawat mobilSiapa bilang merawat mobil itu sulit? Mungkin untuk mobil truk Fuso yang sering difungsikan untuk membawa beban berat, perawatannya harus lebih diperhatikan. Namun untuk mobil keluarga yang biasanya hanya mengangkut penumpang dalam kapasitas beban standar, perawatannya sebenarnya tidaklah sulit. Tidak percaya? Berikut ini adalah perawatan rutin sederhana yang bisa Anda lakukan pada mobil kesayangan:

  • Ganti oli

Ini merupakan perawatan paling standar semua pemilik kendaraan, yaitu melakukan ganti oli secara rutin. Biasanya orang yang paling malas merawat kendaraannya sekalipun tetap melakukan hal ini. Sebab oli yang sudah waktunya diganti akan secara langsung mempengaruhi performa kendaraan. Untuk proses penggantiannya, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah ataupun membawa kendaraan ke bengkel. Namun untuk Anda yang mengganti oli di rumah, perhatikan pembuangan oli bekasnya ya. Jangan sampai mencemari lingkungan karena cairan ini termasuk ke dalam limbaah berbahaya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis oli yang digunakan, pastikan untuk memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

  • Penggunaan bahan bakar

Setiap mobil membutuhkan jenis bahan bakar dengan oktan yang berbeda. Sayangnya banyak pemilik mobil yang mengabaikan hal ini karena lebih berfokus pada harga bahan bakar. Pada umumnya mereka lebih memilih untuk menggunakan bahan bakar yang memiliki harga lebih murah. Tidak hanya itu, ada baiknya juga jika Anda tidak terlalu sering mengganti bahan bakar yang digunakan dengan kadar oktanĀ  yang berbeda setiap waktu. Sebab hal ini akan berpengaruh pada sistem pembakaran mobil.

  • Cara berkendara

Siapa bilang perawatan hanya berhubungan dengan apa yang Anda lakukan pada mesin saja? Cara Anda berkendara juga merupakan salah satu cara merawat komponen mesin agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Beberapa cara berkendara yang bisa mempercepat kerusakan adalah berkendara yang kasar, sering melakukan manuver secara cepat hingga maksimal dan mendadk, rem mendadak, dan beberapa lainnya. Tidak hanya dapat mempercepat kerusakan mesin, cara berkendara yang salah juga bisa membahayakan Anda dan pengguna jalan di sekitar Anda.

  • Memanaskan mobil

Memanaskan mobil bukan hanya bermanfaat untuk menjaga keawetan aki saja, tetapi juga menjaga keawetan keseluruhan komponen mesin. Sebab pada saat mobil dipanaskan, oli yang sebelumnya berkumpul di tangki akan naik dan melumasi seluruh komponen mesin. Sehingga ketika mobil digunakan, seluruh komponen yang sebelumnya kering sudah kembali terlumasi oleh oli.

  • Cek kebutuhan cairan mobil

Ada banyak cairan pada mobil yang harus Anda periksa dan pastikan masih berada dalam level normal. Beberapa di antaranya yaitu aki (untuk aki basah), oli mesin, minyak rem, air radiator, dan air wipper. Sebaiknya lakukan pengecekan pada pagi hari sebelum mesin mobil dinyalakan untuk mengetahui level yang sebenarnya.

Tidak sulit kan untuk melakukan perawatan di atas? Namun untuk menjaga performa mesin tetap maksimal, pastikan untuk tetap melakukan perawatan rutin lainnya di bengkel, ya! Terutama untukbeberapa perawatan yang tidak bisa atau sulit Anda lakukan sendiri di rumah. Seperti melakukan rotasi ban, pengecekan kabel, dan berbagai perawatan lainnya. (Vita)

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE