Meski Kurang Populer, Gaya Interior Skandinavian Ciptakan Kesan Bersih dan Luas

tema ScandinavianJika dilihat sekilas, gaya interior Skandinavian mirip dengan gaya interior minimalis. Gaya interiornya yang didominasi dengan warna putih dan tidak disertai banyak perabotan memang membuat gaya interior ini mirip dengan gaya minimalis. Meski demikian, gaya Skandinavian cenderung memakai banyak material kayu. Mungkin pada interior minimalis, Anda masih bisa memilih untuk menggunakan pintu UPVC, namun untuk interior Skandinavian, pintu kayu akan dinilai lebih cocok.

Gaya interior Skandinavian sebenarnya merupakan konsep desain yang populer digunakan oleh negara-negara Eropa Utara seperti Swedia, Islandia, Norwegia, dan Denmark. Ciri-ciri hunian bergaya Skandinavian sangat simpel dan tidak terlalu ramai. Meski demikian, interior ini tetap memiliki kesan hangat karena – seperti yang telah dijelaskan di atas – biasanya menggunakan banyak material kayu, seperti pada lantai, pintu, dan furnitur-furnitur. Jenis kayu yang umum digunakan untuk desain ini adalah kayu pinus, ash, dan lain-lain.

Meski menampilkan kesan mewah dan hangat, penggunaan kayu pada gaya Skandinavian justru menurunkan minat orang-orang. Pasalnya, material kayu sekarang sudah sangat terbatas, harganya pun dinilai cukup mahal, bahkan bagi peminat interior sekali pun.

Selain mahalnya material kayu, gaya Skandinavian ini memang umumnya digunakan di Eropa, sehingga tidak terlalu banyak digunakan di Indonesia. Selain itu, di Indonesia juga masih belum banyak tempat yang menjual produk-produk interior bergaya Skandinavian.

Namun demikian, gaya Skandinavian ini masih memikat kalangan yang berusia antara 30 dan 40 tahun dan profesional muda yang baru memiliki rumah. Seperti Arianna Octavia misalnya, wanita berusia 40 tahun ini merancang desain interior dengan gaya Skandiavian sendiri untuk rumahnya. Menurutnya, gaya Skandinavian mampu membuat rumah terkesan clean dan simple. Dengan begitu, rumah pun akan terlihat lebih rapi dan luas. (source: properti.kompas)

Jadi, jika Anda ingin rumah terlihat lebih rapi dan luas, gaya Skandinavian ini bisa Anda terapkan pada desain interior rumah. Anda bisa menghadirkan suasana Skandinavia pada rumah dengan; menambah elemen kayu, memadukan warna-warna utama, menggunakan furnitur berbentuk geometris, dan memberikan sentuhan alam. Semoga bermanfaat! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE