Mobil Tidak Bisa Distarter? Mungkin Ini Penyebabnya!

mobilMemiliki mobil kini sudah menjadi sebuah kebutuhan. Sepertinya setiap keluarga yang mampu paling tidak memiliki satu mobil sebagai kendaraan pribadi. Bahkan bisa kita lihat, jalanan di perkotaan semakin dipadati oleh kendaraan beroda empat ini. Namun, memiliki mobil tidak semudah kelihatannya. Diperlukan perawatan seperti ganti oli mobil dan servis secara rutin agar mobil tetap nyaman dikendarai dan dapat berusia panjang. Apalagi jika mobil sudah menunjukkan tanda rem bermasalah, melakukan perbaikan merupakan hal yang wajib karena berkaitan dengan keselamatan.

Akan tetapi, bukan berarti masalah lain selain sistem pengereman tidak penting. Misalnya saja seperti masalah yang cukup sering ditemui, yaitu mobil yang tidak bisa distarter. Kalau Anda mengalaminya suatu hari, jangan panik dulu, mungkin ini penyebab mengapa mobil tidak bisa distarter.

Hal pertama yang dituduh sebagai penyebab masalah mobil tidak bisa distarter adalah kelistrikan. Ya, kelistrikan memang penyebab mobil tidak bisa distarter yang paling sering dialami. Untuk mendeteksi masalah kelistrikan pada mobil, ada beberapa komponen yang bisa Anda cek, yakni aki, kabel sikring utama, socket dan kunci kontak.

Aki merupakan sumber kelistrikan, sehingga jika terjadi masalah kelistrikan maka aki adalah komponen utama yang perlu dicurigai. Biasanya aki bermasalah karena sudah terlalu tua atau kotor. Jika memang aki penyebabnya, maka Anda hanya perlu mengisi daya aki atau menggantinya. Tapi jika ternyata aki bukanlah penyebabnya, Anda bisa lanjut memeriksa kabel sikring utama.

Kabel sikring utama berada di dekat aki pada bagian positif. Periksalah kondisi kabel, apakah masih bagus atau tidak. Jika ternyata kabel putus atau terlihat sudah tidak bagus, maka segera ganti atau perbaiki.

Jika aki dan kabel sikring utama bukan juga penyebab mobil tidak bisa distarter, maka Anda harus memeriksa socket dan kunci kontak. Bagian ini bisa saja kendor dan menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Jika memang demikian, maka Anda bisa memperbaiki dan mengencangkannya.

Selain masalah kelistrikan seperti yang dijelaskan di atas, mobil yang tidak bisa distarter juga bisa disebabkan karena masalah yang terjadi pada beberapa komponen di bawah ini.

  • Pompa bensin
  • Platina
  • Karburator
  • Busi
  • CDI

Jika ternyata Anda tidak bisa menemukan penyebabnya, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel terdekat supaya bisa langsung ditangani oleh ahlinya. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE