Nikah atau Beli Rumah Dulu?

nikah atau beli rumahJika dihadapkan dengan pertanyaan seperti itu, manakah yang akan kamu jawab terlebih dahulu? Hmm, sebagian dari kamu mungkin akan kesulitan menjawab pertanyaan tersebut, bukan? Melansir dari cermati.com, jawaban ideal yang cocok untuk menjawab pertanyaan yang diajukan adalah mewujudkan keduanya, apalagi kalau sudah memiliki pasangan hidup yang siap diajak ke pelaminan. Setelah menikah, kamu tentu bisa langsung menempati rumah tersebut tanpa perlu lagi mengontrak kamar di apartment mega kuningan.

Namun, di kenyataannya sendiri mewujudkan kedua impian tersebut tentu tidaklah mudah, terlebih kamu dan pasangan tercinta masih memiliki impian lain yang ingin diwujudkan terlebih dahulu. Alhasil, membeli rumah pun akhirnya menjadi impian belaka. Nah, agar impian membeli rumah terwujud, alangkah baiknya kamu memerhatikan beberapa hal penting ini, di antaranya:

  • Dari awal sudah menentukan tujuan keuangan. Buat kamu yang sudah memiliki pasangan yang siap diajak bersanding di pelaminan, maka membicarakan masalah keuangan bersama dengan pasangan adalah pilihan yang tepat untukmu. Mulai dari; apa saja aset yang dimiliki, berapa gaji perbulan, setelah menikah mau tinggal di mana apartemen atau membeli rumah. Dengan begini, tentu kamu dapat mengatur keuangan dengan tujuan yang lebih jelas bersama dengan pasangan tercinta. Tidak memiliki tujuan, tentu kamu dan pasangan tidak akan mampu mewujudkan semua impian yang sudah diimpikan, termasuk membeli rumah.
  • Menghitung keuangan yang dimiliki. Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, hitung terlebih dahulu keuangan kamu. Apakah kamu sudah siap untuk mewujudkan impian membeli rumah atau malah minus sehingga rasanya impian tersebut tidak akan bisa terwujud. Jangan menyerah dulu, kamu masih tetap bisa membeli rumah tersebut dengan cara atur ulang keuangan kamu dan jangan membuang uang untuk keperluan yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Lebih baik uang itu ditabung dan menambah pemasukanmu untuk membeli rumah.
  • Manfaatkan KPR. Tidak usah berkecil hati kalau uang yang kamu kumpulkan masih belum cukup untuk membeli rumah, karena sekarang sudah ada yang namanya kredit pemilikan rumah atau biasa disingkat dengan KPR. Pengambilan rumah dalam bentuk KPR ini, kamu tidak perlu membayar lunas rumah tersebut akan tetapi membayarnya setiap bulan. Dengan demikian, kamu tidak akan kebingungan lagi mencari dana untuk membeli rumah.

Jadi, bagaimana? Mau beli rumah dulu apa menikah dulu? Semua tergantung pilihanmu dengan pasangan tercinta. Selamat berjuang! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE