Oli Merembes, Kenapa Ya?

oli bocor kendaraan trukAnda mungkin pernah mengalami kasus, di mana saat mengendarai kendaraan entah itu truk tambang ataupun mobil pribadi muncul rembesan cairan oli pada mesin kendaraan. Meskipun oli belum diganti, akan tetapi sayangnya rembesan yang dikeluarkan pun tidak dapat dihindari. Melansir dari salah satu blog, penyebab oli merembes ini adalah karena kendaraan yang jarang dirawat sekaligus tidak pernah dilakukan pengecekan oli. Di samping itu, ada penyebab lain yang mengakibatkan mengapa oli ini dapat merembes, di antaranya:

  • Kebocoran pada komponen seal crankschaft. Salah satu penyebab oli merembes diakibatkan karena bagian komponen seal crankschaft mengalami kebocoran. Seal crankschaft sendiri merupakan komponen poros engkol yang berfungsi mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar dan nantinya diteruskan pada komponen transmisi. Ciri utama dari kebocoran ini dapat dilihat dari warna oli, apabila oli berwarna sama dengan saat pertama kali oli dimasukkan pada kendaraa maka itu pertanda kalau bagian seal crankschaft ini sedang bocor. Untuk itu, rutin selalu mengecek, ya!
  • Seal kompresor AC. Selain itu, munculnya rembesan pada kendaraan bisa disebabkan oleh kebocoroan pada bagian seal komputer. Ini bisa dilihat dari rembesan yang keluar berasal dari ujung kanan bawah kendaraan. Nah, seal kompresor merupakan sebuah komponen yang memiliki tugas untuk mensirkulasikan freon ke bagian sistem AC. Biasanya, apabila komponen ini rusak dan tidak berfungsi maka dapat menyebabkan kebocoran hebat.
  • Wheel drive. Penyebab oli merembes pun bisa diakibatkan oleh kebocoran pada bagian wheel drive yang berfungsi untuk menggerakkan empat roda kendaraan. Jika bagian ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan bagian transmisi menjadi rusak sekaligus rembesan pun akan semakin parah. Karena itu, jangan biarkan komponen ini bocor ataupun rusak, ya!
  • Ban belakang. Tidak menutup kemungkinan, Anda mungkin pernah melihat jika oli keluar dari ban belakang. Hmm, tahukah Anda, ini disebabkan karena bagian seal kendaraan tengah bermasalah dan jika tidak segera diperbaiki malah akan mengakibatkan rembesan oli semakin banyak keluar. Untuk itu, apabila Anda melihat pertanda kalau ban belakang dialiri oleh oli, maka segera perbaiki ke bengkel.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan mengapa oli kendaraan Anda bisa merembes. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE