Oli Mesin Kendaraan Suka Merembes, Apa Penyebabnya!

Cek MobilAgar tidak rusak, kendaraan tentu harus selalu dirawat, tujuannya untuk mengembalikan performa kendaraan Anda seperti sediakala. Misalnya dengan memerhatikan komponen dalam sistem pelumasan dan memastikan semua berjalan sempurna. Namun, apa jadinya jika kendaraan Anda tidak pernah dirawat, tentu saja bisa menimbulkan masalah yang cukup serius, kan? Misalnya seperti muncul rembesan pada bagian komponen mesin kendaraan. Meski sudah menggunakan oli mobil terbaik pada kendaraan, akan tetapi sayangnya rembesan yang keluar pun tidak dapat dihindari.

Lantas, apa yang menyebabkan oli kendaraan ini bisa merembes keluar? Cek langsung ulasannya di artikel ini, yuk!

  • Seal kompresorApabila rembesan yang keluar dari bagian ujung kanan dan bawah kendaraan, maka penyebabnya berarti berasal dari bagian komponen seal kompresor. Seal kompresor merupakan salah satu komponen mesin kendaraan yang digunakan untuk memasukkan udara atau mengirim udara dengan tekanan tinggi dan biasanya sering dijadikan sebagai kompresor AC atau pendingin kendaraan. Namun, permasalahan juga bisa terjadi karena bagian seal oil crankschaft dan seal oil pump mengalami kebocoran sehingga menyebabkan rembesan tersebut.
  • Wheel Drive. Jika rembesan yang muncul berasal dari bagian belakang mobil, itu artinya rembesan diakibatkan karena terjadi kebocoran pada bagian wheel drive. Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, maka dapat mengakibatkan bagian komponen transmisi kendaraan rusak dan yang paling fatalnya adalah malah membuat oli semakin merembes keluar. Dan apabila mesin kendaraan panas, bisa menyebabkan kebakaran.
  • Seal Crankschaft. Penyebab lain yang bisa membuat oli merembes keluar adalah karena bagian komponen seal crankshaft bocor. Ciri ini bisa dilihat dari warna oli yang merembes sama dengan oli yang pertama kali dimasukkan ke dalam kendaraan. Jika permasalahan yang muncul ini tidak segera diperbaiki maka akan membuat mobil berisik.
  • Ban belakang. Apakah Anda pernah melihat jika ada oli yang keluar dari ban belakang? Jika pernah, maka penyebabnya adalah karena rusaknya bagian seal. Cara memperbaikinya tentu harus mengganti komponen seal dengan yang baru agar nantinya tidak mengeluarkan oli lebih banyak. Nah, apabila Jika Anda tidak bisa menggantinya, maka langsung ganti di bengkel terdekat.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan munculnya rembesan oli pada mesin kendaraan Anda. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE