Pahami Ini Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor

kredit kendraan bermotor

source: google

Saat ini banyak sekali masyarakat yang mudah tergiur dengan DP murah. Misalnya, ketika sedang berjalan-jalan di mall, dan melihat pameran kendaraan bermotor dengan DP murah, langsung tertarik. Tanya-tanya berbagai informasi, dan pada akhirnya langsung mengajukan kredit kendaraan bermotor untuk kendaraan tersebut. Apalagi, jika diiming-imingi dengan berbagai bonus yang bisa diterima jika konsumen memutuskan untuk mengajukan kredit saat itujuga. Dijamin, untuk beberapa orang kesempatan ini tidak akan disia-siakan begitu saja.

Sebenarnya, jika kamu adalah orang yang memiliki pendapatan tetap dalam nominal lebih dari cukup untuk membiayai hal ini, pengajuan kredit tanpa pikir panjang bukan masalah besar. Akan tetapi, jika kamu memiliki pendapatan tetap dalam jumlah hanya sekadar cukup untuk hidup, hal ini sangat berisiko. Sebab, mengajukan kredit tidak hanya berpikir tentang DP saja. Justru, pada saat pengajuan kredit diterima itulah awal mula dari perubahan perencanaan keuanganmu. Sebab, pada saat tersebutlah artinya akan ada pengeluaran tetap yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Namun, tidak hanya masalah cicilan perbulan saja loh yang harus kamu ketahui mengenai kredit ini. Ada beberapa hal lain yang juga penting untuk kamu pahami, yaitu:

Sistem penghitungan

Ini adalah hal penting yang sering diabaikan oleh peminjam atau yang bisa disebut dengan debitur. Mereka cenderung menurut saja dengan hasil perhitungan yang dilakukan oleh perusahaan kredit. Atau sering juga disebut dengan, terima beres. Padahal, kamu punya hak untuk mengetahui sistem penghitungan ini, loh. Bahkan, penghitungan ini juga bisa kamu jadikan bahan untuk negosiasi. Sistem penghitungan ini melibatkan bunga pinjaman, yaitu seberapa besar bunga pinjaman dan bagaimana bunga ini diimplementasikan ke dalam nominal pinjamanmu.

Denda

Meskipun kamu berniat untuk membayarnya secara rutin tanpa ada keterlambatan, namun bukan berartiinformasi mengenai denda ini tidak perlu kamu ketahui. Sebab, tidak ada seorangpun yang mengetahui kondisi keuangan secara pasti dimasa mendatang. Bisa saja, karena suatu hal kamu mengalami masalah keuangan yang membuatmu tidak bisa membayar tepat waktu. Jika kamu tidak mengetahui berapa dan bagaimana penghitungan denda, kamu sendirilah yang akan kaget nantinya.

Pinalti

Nah, ini juga salah satu hal yang sangat jarang diperhatikan oleh para debitur. Bahkan mungkin, kamu juga tidak tahu apa maksud dari pinalti ini. Pinalti adalah tagihan khusus yang ditujukan kepada debitur pada saat debitur tersebut melunasi hutangnya lebih awal dari periode yang disepakati. Aneh? Yap, memang banyak yang tidak setuju dengan pinalti ini. Masa mau melunasi hutang malah dikenai pinalti. Akan tetapi, begitulah peraturannya. Sebab itulah, kamu harus mencari informasi mengenai pinalti ini sebelum mengajukan kredit. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE