Pahami Kegunaan Oli Samping Pada Kendaraan

Oli MotorBeberapa kendaraan tentu memiliki perbedaan ciri khas mesin. Sebagai pengguna kendaran, tentu hal ini wajib kamu ketahui. Penyebab dari ciri khas motor yang berbeda-beda juga berhubungan langsung dengan kebutuhan mesin. Beberapa motor membutuhkan kebutuhan seperti oli standar yang sering kita temui, namun beberapa tipe membutuhkan oli samping. Bagi kamu yang membutuhkan oli samping untuk kendaraan kamu, jangan lewatkan oli samping Idemitsu, solusi perawatan kendaraan terbaik dan terpercaya bagi kendaraan tersayang.

Kembali dengan oli samping, apa yang membedakannya dengan kebutuhan oli standar? Oli samping pada umumnya digunakan oleh tipe motor yang masih memiliki 2 tak. Cukup jarang untuk menemukan salah satu produk ini. Jenis oli satu ini sempat sukses pada tahun 2000an karena beberapa produsen motor masih melakukan produksi motor yang menggunakan 2 tak.

Kamu harus mengerti mengenai kegunaan dari oli samping itu. Beberapa spekulasi mengatakan bahwa tipe motor yang masih memegang 2 tak ini membutuhkan perawatan yang cukup ‘ekstra’ dibandingkan dengan jenis motor pada umumnya. Bila nyawa dari oli samping motor 2 tak ini sudah habis, pembakaran tentu akan berkurang secara maksimal dan piston motor akan berkendala. Dapat dikatakan perawatan dari jenis motor yang masih menggunakan 2 tak ini ‘gampang gampang susah’. Namun untuk fungsinya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Menjaga silinder dan head agar lebih awet

Oli berfungsi untuk melumaskan gerakan pergesekan yang terjadi dalam silinder dan head kendaraan. Oli ini cukup penting dalam keberlangsungan kerja dalam mesin motor karena pelumasnya bergerak secara langsung untuk mengurangi pergesekan antar alat

  • Vitamin dan pelumas

Sebagai gambaran secara garis besar oli samping berfungsi seperti pada umumnya, yaitu melumaskan pergesekan yang terjadi di dalam mesin. Namun memiliki kinerja yang sedikit berbeda dengan mesin kendaraan pada umumnya, yaitu 4 tak. Oli samping juga dapat menjadi komponen ‘vitamin’ kendaraan. Oli samping yang berkualitas baik akan membuat ruang pembakaran bahan bakar jauh lebih irit kualitas dari oli samping dapat dilihat dari hasil asap pembakaran bensin kendaraan.

  • ‘Pewangi’ unik

Keunikan yang cukup jarang ditemukan adalah oli samping dapat membuat asap kendaraan bermotor tidak telalu bau.

Selain ketiga manfaat tersebut, mencampur oli samping ke dalam tanki BBM juga sangat bermanfaat untuk menjaga tanki dari karat. Meskipun motor 2 tak membutuhkan oli samping, sebenarnya perawatannya tidaklah sulit.Asalkan pengguna lebih perhatian terhadap kondisi oli kendaraan serta penggantian oli secara rutin. Semoga bermanfaat! (VIKW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE