Pahami Lambang Pada Instrumen Mobil

Mobil adalah sebuah benda yang memiliki nilai tinggi. Makanya, jangan heran jika pemilik mobil mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih asuransi All risk atau TLO sebagai perlindungan secara finansial ketika terjadi suatu risiko pada mobilnya. Setidaknya, ketika hal yang tidak diharapkan benar-benar terjadi, pemilik mobil tidak terlalu mengalami kerugian.

indikator mobilMeskipun sudah menggunakan asuransi, tentunya pemilik mobil tetap harus menjaga dan merawat mobilnya dengan baik agar awet. Pastinya tidak mau dong, mobilmu tidak bisa digunakan selama beberapa waktu karena mesinnya bermasalah. Yah, meskipun biaya perbaikannya ditanggung oleh perusahaan asuransi sekalipun, tapi itu artinya kamu harus mencari transportasi lain selama mobilmu dalam perbaikan.

Nah, untuk menjaga mobil kesayanganmu agar tetap awet dan selalu siap digunakan, sebenarnya ada banyak caranya. Dan, salah satu cara yang paling sederhana yaitu pahami lambang pada instrumen mobil. Setiap lambang, memiliki fungsinya masing-masing, dan bisa menjadi sebuah penanda adanya masalah pada komponen mesin mobil.

  • Turn signal indicator

Biasanya lampu ini disebut dengan lampu sein. Merupakan lampu yang dinyalakan sebagai penanda sebuah kendaraan akan berbelok ke kiri ataukah ke kanan. Lampu sein ini (bukan instrumen) menyala pada bagian luar mobil, dibagian depan, belakang dan sisi kanan-kiri mobil. Terkadang ada yang memasang lampu tambahan pada bagian body kaca spion. Jika dalam kondisi normal, lampu pada panel instrumen ini akan berkedip dalam interval waktu yang sedang. Namun, jika ada salah satu saja lampu yang bermasalah, maka interval waktunya akan semakin cepat.

  • ABS light indicator

Jika lampu indikator ABS ini menyala, artinya terdapat masalah pada sistem ABS. ABS (Anti-lock Braking System) adalah sebuah sistem pengereman kendaraan untuk menghentikan penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak. Ketika ABS ini bermasalah, mungkin mobil masih bisa mengerem, namun jika tidak segera diperbaiki maka biaya perbaikannya nanti pasti akan smakin besar.

  • Accu light indicator

Ketika lambang aki (accu) pada mobil menyala, bukan berarti ada masalah pada komponen aki. Justru, masalah sebenarnya ada pada sistem kelistrikkan mobil. Misalnya saja, seperti kinerja alternator dan kabel penghubung yang mungkin mengalami masalah.

  • Oil light indicator

Mobil yang berada dalam kondisi normal, seharusnya tidak mengalami pengurangan oli dalam jumlah yang signifikan. Apalagi, dalam waktu singkat. Namun, jika lampu indikator ini sampai menyala, artinya terjadi pengurangan oli hingga mencapai batas minimum, dan ini adalah masalah yang serius.

  • Check engine

Jika instrumen ini menyala, artinya ada komponen mesin mobil yang tidak berfungsi scara sempurna. Memang bukan hal yang mudah untuk mengetahui komponen mana yang mengalami kerusakan, sebab itulah sebaiknya periksalah secara keseluruhan. (Vita)

2 thoughts on “Pahami Lambang Pada Instrumen Mobil

  1. Pingback: Panel Instrumen di Mobil yang Berkaitan dengan Keselamatan

  2. Pingback: Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Mobil Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE