Pakai Parket Kayu di Apartemen? Begini Cara Merawatnya

bersihUntuk menghadirkan kesan hangat, minimalis, dan juga elegan di apartemen SouthCity, Anda bisa melapisi permukaan lantai dengan menggunakan parket kayu. Parket kayu banyak digunakan oleh para desainer interior karena bisa mengubah suasana ruang hanya dengan satu sentuhan saja. Namun demikian, patut diingat bahwa perawatan parket kayu berbeda halnya dengan lantai biasa. Dibutuhkan perawatan khusus agar parket kayu Anda tetap awet dan juga tahan lama. Berikut beberapa hal yang Anda coba:

  • Sapu permukaannya setiap hari. Sesibuk apa pun Anda, biasakan untuk selalu menyapu lantai apartemen. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang ada di atas parket kayu. Jika tidak disapu, dikhawatirkan kotoran ini akan melekat dan susah dibersihkan. Jarang membersihkan parket kayu juga membuat lantai Anda mudah ditumbuhi jamur.
  • Segera bersihkan jika ada kotoran. Jika ada tumpahan makanan atau tumpahan air di atas parket kayu, baiknya langsung bersihkan dan jangan tunda sampai lama. Jika tumpahan air telanjur meresap ke dalam parket kayu, dikhawatirkan bisa merusak usianya dan menghilangkan lemnya. Langsung ambil kain pel untuk membersihkan kotoran yang menempel, ya.
  • Pembersihan menyeluruh dengan vacuum cleaner. Terkadang, membersihkan parket kayu dengan sapu saja tidak cukup. Banyak partikel halus yang tak bisa terangkat oleh sapu dan akhirnya tetap berada di atas parket. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Sesekali, bersihkan parket dengan alat ini untuk penyedotan debu secara menyeluruh.
  • Pel dengan lap lembap. Hindari mengetel lantai yang dilapisi parket kayu dengan kain basah. Sebab airnya bisa meresap ke dalam dan merusak tekstur parket. Lebih baik gunakan kain pel yang lembap dan tidak terlalu basah untuk membersihkannya. Tidak perlu setiap hari, beberapa hari sekali atau satu minggu sekali pun bisa.
  • Gunakan pembersih yang aman. Untuk pembersih lantainya sendiri, lebih baik gunakan pembersih yang memang khusus untuk parket kayu. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung ammonia atau cuka karena bisa mengikis lapisannya dan membuat parket terlihat kusam.

Beberapa hal di atas bisa Anda lakukan untuk membuat parket kayu menjadi lebih awet. Silakan diterapkan dan semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE