Pelatihan dan Sertifikasi Operator Forklift

Alat BeratForklift merupakan jenis Alat Berat yang digunakan untuk mengangkut barang dalam kapasitas kecil maupun besar. Forklift termasuk jenis alat berat yang mudah untuk ditemukan diberbagai lokasi, akan lebih banyak kita jumpai bila kita bekerja di pergudangan. Di pergudangan forklift digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang sesuai dengan kapasitas berat dan tingginya. Selain di pergudangan forklift juga dapat kita jumpai pada industri industri yang membutuhkan alat angkut tinggi, misalnya pada industri besi, elektronika, garmen, pertokoan grosir,  agrobisnis, cargo, tranportasi, bandara, dll. Semua industri tersebut memerlukan alat angkut sesuai dengan kelasnya masing-masing. Bahan bakar forklift juga beragam mulai dari bensin, solar, gas, gas dan listrik. Semua jenis forkift akan di gunakan sesuai dengan keperluan masing-masing, misalnya : di petokoan grosir yang ber AC dan tertutup ruangan akan lebih baik jika menggunakan forklift dengan tenaga listrik.

Untuk perngoperasiannya, alat ini dikendalikan oleh seorang operator dan tidak semua orang memiliki ijin untuk mengendalikan forklift. Seorang operator forklift haruslah mengikuti training dan dinyatakan lulus setelah mendapatkan sertifikat dari institusi yang memberikan training tersebut. Jika operator sudah memenuhi syarat tersebut dan disertai pengalaman pengoperasiannya barulah operator tersebut bisa disebut sebagai operator forklift professional. Bagi setiap perusahaan yang menggunakan forklift sebagai salah satu alat pendukung operasionalnya, wajib untuk mempekerjakan operator forklift profesional untuk mengoperasikan alat ini. Hal ini bertujuan agar keselamatan kerja dapat terjamin.

Perusahaan yang belum memiliki operator forklift bersertifikat dapat mengikutsertakan operator tersebut ke pelatihan yang sering diadakan oleh departemen ketenagakerjaan. Kewajiban perusahaan untuk mempekerjakan operator forklift profesional yang telah bersertifikat ini berkaitan dengan UU tentang keselamatan kerja. Forklift merupakan salah satu alat berat yang dapat membahayakan keselamatan kerja jika tidak dioperasikan dengan cara yang tepat. Melalui pelatihan ini, peserta akan diajarkan berbagai hal mengenai forklift. Tidak hanya melatih peserta untuk mengoperasikan forklift dengan cara yang tepat , tetapi juga akan diberikan pelatihan mengenai hal lainnya.

Dalam pelatihan, operator forklift akan diberi pengetahuan dasar mengenai forklift, cara perawatan forklift, batas beban yang mampu diangkut oleh forklift, pengoperasian forklift yang benar dan berbagai pengetahuan lainnya mengenai forklift. Selain itu, operator akan diberikan pengetahuan mengenai apa saja bahaya yang mungkin terjadi pada saat pengoperasian forklift dan bagaimana cara mengatasinya. Pelatihan mengenai keselamatan diri sendiri maupun keamanan lingkungan saat mengoperasikan forklift menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan pada pelatihan tersebut.

Selain harus memiliki sertifikat dan konsentrasi tinggi, seorang operator forklift juga memiliki mental dan fisik yang prima saat mengoperasikan forklift. Hal ini bertujuan, agar operator forklift dapat mengambil tindakan yang tepat dan cepat disaat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika mengoperasikan alat tersebut. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE