Pemeriksaan Standar Pada Mobil Sebelum Bepergian

Ketika bepergian dengan mengendarai mobil Mitsubishi Outlander Sport yang baru dibeli, biasanya orang akan cenderung cuek dan pergi begitu saja tanpa melakukan pemeriksaan apapun. Hal ini wajar, karena mereka yakin bahwa mobil baru yang dibelinya masih dalam kondisi baik, sehingga aman meskipun tidak dilakukan pemeriksaan. Akan tetapi, ketika kamu ingin bepergian menggunakan mobilmu yang sudah cukup berumur, pemeriksaan ini tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pemeriksaan Standar Pada Mobil Sebelum Bepergian

Mobil yang sudah cukup berumur, artinya sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama. Artinya, ada kemungkinan beberapa komponen mobil tidak bekerja secara sempurna. Sebab itulah, penting untuk dilakukan pemeriksaan standar pada mobil sebelum bepergian. Beberapa pemeriksaan ini diantaranya:

  • Tekanan ban

Periksa apakah tekanan ban sudah sesuai atau tidak. Tekanan ban yang dibutuhkan bisa berbeda setiap kali mobil kita gunakan, karena bergantung juga pada beban yang akan kita angkut. Jika beban yang kita angkut cukup berat, sebaiknya tambahkan tekanan angin pada ban, namun jangan berlebihan. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengurangi tekanannya kembali ke posisi normal saat mobil mengangkut beban dalam kapasitas normal ya. Sebab, tekanan angin yang terlalu tinggi dapat membuat kegiatan berkendara menjadi kurang nyaman, dan lebih cepat merusak ban.

  • Lampu

Meskipun berkendara pada siang hari, namun kita tidak tahu bagaimana kondisi jalanan nanti. Bisa saja, saat ditengah jalan tiba-tiba turun hujan lebat, sehingga kita harus menyalakan lampu kabut. Atau, karena kondisi jalanan yang sangat padat, membuat kita masih harus berkendara saat matahari sudah terbenam. Selain itu, periksa juga lampu yang akan selalu digunakan, seperti lampu rem dan lampu sein.

  • Wiper

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, kita tidak akan tahu bagaimana kondisi saat sedang dalam perjalanan. Bisa saja, saat kita berangkat cuaca sedang cerah, namun tiba-tiba turun hujan ketika di tengah perjalanan. Jika kondisi ini terjadi, tentunya kita akan menggunakan wipper agar pandangan ke depan tetap terlihat jelas. Sebab itu, pastikan wiper bekerja sempurna, dan karet wiper mampu menghapus air pada kaca dengan baik.

  • AC

Siapa sih yang suka panas-panasan di dalam mobil? Yap, AC selalu dianggap penting hanya untuk mencegah agar kita tidak merasa kepanasan ketika berkendara. Akan tetapi, sebenarnya AC juga memiliki fungsi yang sangat penting dan secara tidak langsung mempengaruhi keamanan berkendara loh.

Saat hujan turun, suhu di luar cenderung lebih dingin daripada suhu di dalam, apalagi pada mobil yang tidak menggunakan AC. Akibatnya, embun akan muncul dan menghalangi pandangan. Dengan menyalakan AC, maka suhu dalam mobil akan stabil dan setara dengan suhu di luar, sehingga embun tidak akan muncul.

Jadi, pastikan Anda lakukan pengecekan mobil sebelum perjalanan! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE