Pendidikan Semakin Mahal, Sadari dan Lakukan Hal Ini

Dampingi Anak BelajarPerlunya strategi menyiapkan dana pendidikan anak kelak dan tentunya jangan sampai tidak menggunakan jaminan biaya pendidikan anak, mengingat bahwa pendidikan di Indonesia terbilang mahal. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), biaya pendidikan anak di Indonesia meningkat 10-15% pertahunnya. Setiap tahunnya pasti akan ada orang tua yang menyekolahkan anaknya ke perguruan tinggi. Untuk itu, jangan sampai Anda terlambat, segera lakukan hal ini :

  • Alokasi aset

Anda harus memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk pendidikan anak. Apabila anak Anda masih usia belum siap sekolah, tetap saja Anda harus mulai untuk berinvestasi serta mengalokasikan asetnya, sehingga ketika anak besar nanti, bisa digunakan kemudian uangnya untuk pendidikan. Misalnya, investasi di asuransi pendidikan, lalu sebagian hartanya diinvestasikan untuk membeli rumah atau tanah. Kelak harga atau nilainya naik bisa digunakan untuk membantu pendidikan anak hingga masuk ke sekolah perguruan tinggi.

  • Kenali prioritas

Anda harus pandai-pandai mengeluarkan uang, apalagi ada sesuatu yang lebih diprioritaskan. Misalnya beberapa tahun lagi, anak Anda akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, otomatis orang tua perlu dengan ekstra menyiapkan dari jauh-jauh hari. Untuk itu, pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti membeli mobil baru, motor baru, bisa dikesampingkan terlebih dahulu, mengingat hal itu sangat penting untukk pendidikan anak.

  • Mengasuransikan dana pendidikan

Ketika orang tua sudah semakin bertambah usia, pastinya risiko lebih besar, seperti sakit atau kematian. Untuk itu, dana pendidikan sang anak harus segera diproteksi, agar kelak tetap dapat menjalankan pendidikan sesuai rencana. Jadi, apabila tiba-tiba orang tua terkena stroke, atau serangan jantung, atau hal lainnya, biaya pendidikan anak bisa di-cover, namun pastinya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan sesuai kesepakatan bersama, antara perusahaan asuransi dengan nasabah. Ini merupakan salah satu cara mudah mengatur keuangan keluarga karena dana pendidikan anak selalu siap.

Untuk itu, pentingnya sadari dan lakukan hal tersebut, mengingat semakin mahalnya pendidikan anak untuk ke depannya, anak tetap aman, orang tua tetap nyaman. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE