Penerapan Tilang Lewat CCTV, Tuntaskan Pelanggaran Lalu Lintas

tilang cctvPemanfaatan fasilitas internet cepat sepertinya juga memberikan kemajuan pada keteraturan dalam lalu lintas. Uji coba tilang dengan menggunakan basis dari CCTV dinilai memiliki nilai akurasi tinggi dan lebih efektif menuntaskan pelanggaran dari pengguna lalu lintas.

Pelanggaran pengguna lalu lintas di Indonesia cukup tinggi. Hal tersebut terbukti dari kasus yang diangkat dari setiap media dan jumlah kecelakaan lalu lintas yang terus naik setiap tahunnya. Pelanggaran tersebut terjadi karena masih kurangnya kesadaran pengguna kendaraan dengan peraturan yang sudah dibuat.

Efektifitas razia secara rutin yang dilakukan oleh pihak kepolisian masih dinilai kurang berdampak. Hal ini tentu terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih ‘nekat’ dengan melakukan peluang ‘aji mumpung’ yang berakhir kepada pelanggaran aturan lalu lintas. Selain itu masih banyak oknum yang masih menerima ‘uang suap atau uang rokok’ sebagai jalur damai saat menyelesaikan permasalahan dari penilangan tersebut.

Dengan inovasi penggunaan CCTV alias Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) diharapkan dapat efektif dalam mengurangi pengguna lalu lintas ‘nakal’. Penggunaan teknologi ini masih diuji coba pada beberapa sudut jalan Ibukota sekitar Sudirman – Thamrin. Hal ini cukup membuat geger beberapa bagian masyarakat dengan viralnya kejadian penilangan oknum nakal yang langsung dikirimkan langsung ke rumah.

Peraturan tentu dibentuk untuk membuat sebuah keadaan jauh lebih kondusif. Larangan atau batasan yang dibuat tidak diciptakan untuk dilanggar, namun sebaliknya. Sebagai pengguna jalur lalu lintas yang bijak, tentu Anda harus memperhatikan peraturan dan rambu lalu lintas yang digunakan. Dengan taat terhadap aturan yang ada tentu akan membuat keadaan lebih kondusif dan terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan. Peluang ‘aji mumpung’ ini tentu cukup berimbas kepada keamanan berkendara. Selain memiliki potensi besar terjadinya kecelakaan, tentu terdapat kerugian lain seperti melukai atau menghilangkan nyawa baik sendiri atau kepada orang lain.

Apakah penerapan ini akan menjadi sesuatu yang paten di setiap sudut jalan di Indonesia? Kita harapkan yang terbaik untuk membuat bangsa lebih maju. Semoga bermanfaat yah! (VIKW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE