Pentingkah Kursus Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Penting?

Globalisasi yang semakin besar pengaruhnya di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk menjadi ahli dalam berbahasa inggris. Dunia kerja mulai mewajibkan pelamar untuk memiliki keahlian berbahasa inggris, sementara dunia pendidikan memperketat pelajaran Bahasa inggrisnya. Pendidikan Bahasa Inggris di sekolah hingga kuliah telah meningkatkan kualitas materi pelajarannya untuk mempersiapkan murid untuk masuk ke dunia kerja. Sekarang, pendidikan dari kelas  formal (kampus) saja tidaklah cukup, metode belajar diluar kelas untuk setiap tingkat pendidikan telah semakin populer. Kursus Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa merupakan salah satu yang meningkat kepopulerannya.

Mengapa demikian?

  • belajar bahasa inggrisPada masa kuliah akan ada lebih banyak hal lagi yang akan kita pelajari. Namun, bahasa inggris tetap menjadi salah satu hal penting yang harus kita kuasai. Apalagi, semakin banyak kampus yang mensyaratkan nilai TOEFL minimum pada mahasiswanya sebelum dapat mengajukan tugas akhir atau skripsi. Selain itu, ada beberapa hal yang membuat seorang mahasiswa perlu mengikuti kursus bahasa inggris untuk memperlancar bahasa inggrisnya, yaitu:
  • Bahasa inggris yang dipelajari tidak lagi bahasa inggris umum, melainkan bahasa inggris yang lebih spesifik. Misalnya saja berbagai istilah bahasa inggris dalam ilmu komputer untuk jurusan komputer, istilah yang berkaitan dengan hukum untuk fakultas hukum, dan lainnya. Sementara, untuk dapat berkomunikasi dengan aktif kita harus memiliki kemampuan grammar bahasa inggris.
  • Jam belajar berkurang, namun pembelajaran mencakup pembahasan yang lebih banyak. Contoh; pada masa sekolah jam belajar Bahasa inggris terdiri dari 3-4 jam per minggu atau lebih, sementara pada masa kuliah hanya 1-2 jam per minggu. Masa belajar berlangsung satu tahun di sekolah, sementara di kuliah hanya satu semester (atau setengah tahun)
  • Sebagian besar sekolah memiliki metode belajar tatap muka, sementara sebagian universitas memiliki kelas online.
  • Tugas yang diberikan memiliki kuantitas dan kualitas yang berbeda. Tugas pada masa kuliah biasanya tidak berupa sekumpulan soal seperti di sekolah, namun biasanya berupa beberapa soal yang jawabannya harus berupa essay yang memiliki landasan argumen serta setidaknya berisi lebih dari 5 paragraf. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE