Penyebab Kebocoran Pada Pipa

Meskipun pipa air yang kamu gunakan di rumah bukanlah pipa berharga murah, namun bukan berarti bisa terlepas dari risiko kebocoran. Apa itu artinya pipa dengan harga murah sama kualitasnya dengan pipa berharga mahal? Tidak begitu juga, ya. Sebab, pipa yang berharga mahal, biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus dan kuat dibandingkan dengan pipa berharga murah. Apalagi, jika harganya cukup jauh berbeda.

Pipa Air BocorLalu, kenapa masih bocor juga?

Nah, untuk masalah ini, kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja penyebab kebocoran pada pipa, diantaranya yaitu:

  • Kualitas pipa

Jelas saja, kualitas pipa yang kurang baik akan menyebabkan pipa mudah mengalami kebocoran. Hal ini akan semakin diperparah jika pipa mengalami tekanan dari benda di sekitarnya.

Kualitasnya yang kurang bagus, akan membuat badan pipa tidak mampu menahan tekanan tersebut dan tidak menutup kemungkinan menyebabkan pipa mengalami retak atau bahkan pecah. Atau bahkan, mungkin juga pipa sudah mengalami masalah sebelum pemasangan, misalnya akibat penyimpanan di gudang toko yang kurang diperhatikan keamanannya.

  • Sumbatan

Adanya sumbatan di dalam pipa yang membuat tekanan air menjadi tidak stabil. Sumbatan ini akan membuat air menekan di satu sisi sekitar sumbatan Karena air tidak mampu mengalir dengan lancar. Jika tekanan air yang mengalir sebelum sumbatan ini cukup kuat, tidak menutup kemungkinan akan membuat timbulnya retak pada pipa. Hal ini bisa semakin parah jika benda yang menjadi penyumbat berukuran cukup besar dan hampir menutup seluruh diameter pipa.

Maka, tekanan air yang ada pada bagian sebelum adanya sumbatan, pasti akan sangat kuat Karena hanya sedikit air yang mampu mengalir. Untuk mencegah terjadinya kebocoran akibat hal ini, sangat penting bagi kamu untuk memasang penyaring agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam pipa.

  • Kesalahan pemasangan sambungan

Jangan keburu mengganti pipa saat menemukan adanya kebocoran, Karena mungkin saja kebocoran yang terjadi bukan disebabkan Karena pipa yang sudah rusak. Yap, salah satu penyebab kebocoran adalah adanya kesalahan pemasangan sambungan. Artinya, meskipun pipa masih dalam kondisi bagus sekalipun, kebocoran bisa saja terjadi.

Untuk itulah, perhatikan baik-baik sumber kebocoran, sebelum memutuskan apakah penyebab kebocoran ini Karena pipa yang sudah rusak ataukah hanya karena kesalahan pemasangan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE