Penyebab Kecelakaan Saat Bersepeda MTB

kecelakaan sepeda mtbBanyak orang yang merasa sayang jika Sepeda MTB yang dibelinya dengan harga mahal hanya digunakan untuk bersepeda di jalan raya. Karena itulah, banyak yang berusaha untuk mencari trek menantang untuk kegiatan bersepedanya. Lokasi bersepeda untuk pemula biasanya memiliki tantangan yang masih tergolong ringan, sementara untuk pesepeda profesional akan mencari trek yang jauh lebih menantang.

Ketika kita sedang bersepeda di trek yang sering digunakan oleh para pesepeda pemula, mungkin kita akan sering melihat mereka terjatuh akibat kesulitan mengendalikan sepedanya. Namun ternyata, kecelakaan ini tidak hanya di alami oleh para pemula loh, justru para profesional yang sering mengalami kecelakaan hingga cukup parah. Kok bisa yah?

Sebenarnya, ada beberapa hal yang terkadang bisa menjadi penyebab kecelakaan saat bersepeda. Beberapa hal ini sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh pesepeda profesional saja, tetapi juga oleh pemula. Hanya saja, karena jenis trek yang dilalui oleh pesepeda pemula umumnya lebih sederhana, sehingga dampaknya tidak separah pesepeda profesional yang umumnya mengambil trek dengan tingkat kesulitan tinggi.

  • Pengendalian sepeda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kegagalan seseorang dalam mengendalikan sepedanya saat menemui tantangan akan menjadi salah satu penyebab kecelakaan. Karena itulah, seseorang sebaiknya memulai dari rute yang sederhana terlebih dahulu sebelum memilih rute yang ekstrim. Tujuannya, agar pesepeda tersebut terlatih mengendalikan sepedanya terlebih dahulu sebelum menghadapi medan yang sulit.

  • Kelelahan

tidak fokusKondisi jalanan yang ekstrim dapat membuat seseorang cepat merasa lelah saat mengendalikan sepedanya. Hal inilah yang dapat membuat seseorang menjadi kesulitan konsentrasi, sulit mengendalikan sepeda, dan berbagai hal lainnya. Karena itulah, sebaiknya jika kita sudah merasa kelelahan maka beristirahatlah sejenak dan jangan memaksakan diri.

  • Kurang konsentrasi

Selain faktor kelelahan, ada lagi beberapa hal yang bisa membuat kita kurang konsentrasi saat bersepeda. Misalnya saja, mendengarkan musik hingga tidak bisa mendengar suara di sekitar. Hal ini termasuk salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan, karena seringkali seorang pesepeda tidak dapat mendengar berbagai suara peringatan di sekitarnya dan akibatnya kecelakaan pun terjadi. (Vita)

One thought on “Penyebab Kecelakaan Saat Bersepeda MTB

  1. Pingback: Perhatikan ini Saat Bersepeda MTB di Gunung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE